PERKEMBANGAN KOGNITIF DAN PSIKOMOTORIK ANAK TUNAGRAHITA (STUDI PADA KETERAMPILAN TATA BOGA DI SLB NEGERI PEMBINA YOGYAKARTA)

AZMI SITA FITHRIYANI, NIM. 11250023 (2015) PERKEMBANGAN KOGNITIF DAN PSIKOMOTORIK ANAK TUNAGRAHITA (STUDI PADA KETERAMPILAN TATA BOGA DI SLB NEGERI PEMBINA YOGYAKARTA). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PERKEMBANGAN KOGNITIF DAN PSIKOMOTORIK ANAK TUNAGRAHITA (STUDI PADA KETERAMPILAN TATA BOGA DI SLB NEGERI PEMBINA YOGYAKARTA))
11250023_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf - Published Version

Download (8MB) | Preview
[img] Text (PERKEMBANGAN KOGNITIF DAN PSIKOMOTORIK ANAK TUNAGRAHITA (STUDI PADA KETERAMPILAN TATA BOGA DI SLB NEGERI PEMBINA YOGYAKARTA))
11250023_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (1MB)

Abstract

Anak yang terlahir dengan keterbatasan yang sering disebut Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) dimungkinkan mengalami gangguan atau kelainan seperti mengalami retardasi mental (tunagrahita). Anak penyandang tunagrahita tidak hanya sebatas dilihat dari segi IQ-nya saja akan tetapi sejauh mana anak tunagrahita mengalami kemajuan dalam perkembangan kognitif dan psikomotoriknya, setelah mereka melalui bimbingan dan pendidikan melalui suatu intitusi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perkembangan kognitif dan psikomotorik anak tunagrahita pada ketrampilan tata boga, serta faktor pendukung dan penghambatnya. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif, dilakukan secara langsung terhadap subjek yang diteliti untuk mendapatkan datadata yang dibutuhkan dan berkaitan dengan rumusan masalah: bagaimana perkembangan kognitif dan psikomotorik anak tunagrahita pada bidang keterampilan tata boga dan apa pendukung dan penghambat anak tunagrahita pada bidang keterampilan tata boga di SLB Negeri Pembina Yogyakarta. Sumber data penelitian dari sekolah, guru, orang tua dan siswa anak tunagrahita SLB Negeri Pembina Yogyakarta. Analisis data menggunakan metode deskriptif kualitatif yaitu mengolah data yang telah diperoleh selama penelitian kemudian dengan langkah-langkah terencana dan sistematis yang diinterpretasikan ke dalam laporan sesuai dengan keadaan yang sebenarnya. Hasil penelitian ini menunjukkan : 1) Perkembangan kognitif dan psikomotorik anak tunagrahita pada keterampilan tata boga adalah lebih maksimal jika dalam pembelajaran keterampilan tata boga dilakukan secara kontinue dan dipraktekkan secara berulang-ulang. Setelah mengikuti program keterampilan tata boga dari segi kognitif dan psikomotoriknya mereka mengalami berubahan yang lebih baik seperti perubahan kepribadian, mempelajari hal-hal baru kemudian diaplikasikan, dan meningkatkan kemandirian. 2) Faktor pendukung perkembangan kognitif dan psikomotorik anak tunagrahita pada keterampilan tata boga terbagi menjadi dua yaitu faktor internal dan faktor eksternal . Faktor Internal keperibadian antara lain : suka bergaul, suka membantu teman, aktif, mempunyai semangat yang tinggi, mempunyai cita-cita untuk mengembangkan keterampilan tata boga. Faktor eksternal yang menjadi pendukung perkembangan kognitif dan psikomotorik anak tunagrahita antara lain: faktor keluarga, sekolah dan masyarakat. Sedangkan faktor eksternal yang menjadi penghambat yaitu: Faktor keluarga antara lain keadaan ekonomi keluarga yang kurang dan orang tua yang cemas. Faktor sekolah antara lain ruang kelas yang kurang kondusif. Faktor masyarakat antara lain kurangnya interaksi dengan masyarakat sekitar rumah dan adanya anggapan miring terhadap anak tunagraita.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Abidah Muflihati, S.Th.i M.Si.
Uncontrolled Keywords: Perkembangan Kognitif dan Psikomotorik, Anak Tunagrahita
Subjects: Kesejahteraan Sosial
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Kesejahteraan Sosial (S1)
Depositing User / Editor: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 11 Nov 2015 07:49
Last Modified: 11 Nov 2015 07:49
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/18220

Actions (login required)

View Item View Item