KORELASI ANTARA MINAT MENGIKUTI KEGIATAN IQRO' DENGAN PRESTASI BELAJAR AL-QUR'AN HADIS SISWA KELAS I MTSN GONDOWULUNG BANTUL

LINA AFIYANTI, NIM. 02411246 (2007) KORELASI ANTARA MINAT MENGIKUTI KEGIATAN IQRO' DENGAN PRESTASI BELAJAR AL-QUR'AN HADIS SISWA KELAS I MTSN GONDOWULUNG BANTUL. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (KORELASI ANTARA MINAT MENGIKUTI KEGIATAN IQRO' DENGAN PRESTASI BELAJAR AL-QUR'AN HADIS SISW A KELAS I MTSN GONDOWULUNG BANTUL)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (6MB) | Preview
[img] Text (KORELASI ANTARA MINAT MENGIKUTI KEGIATAN IQRO' DENGAN PRESTASI BELAJAR AL-QUR'AN HADIS SISW A KELAS I MTSN GONDOWULUNG BANTUL)
BAB II, III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

LINA AFIYANTI. Korelasi antara Minat Mengikuti Kegiatan Iqro' dengan Prestasi Belajar Al-Qur'an Hadis Siswa Kelas I MTsN Gondowulung Bantul. Skripsi, Yogakarta: Fakultas Tarbiyah UIN Sunan Kalijaga,2006. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat korelasi yang positif antara minat mengikuti kegiatan iqro'dengan prestasi belajar Al-Qur'an Hadis siswa kelas I MTsN Gondowulung Bantu!. Populasi dalam penelitian yang bersifat deskriptif-kuantitatif ini adalah seluruh siswa kelas 1 MTsN Gondowulung Bantul tahun ajaran 2006/2007. Dalam penelitian ini populasinya 187 siswa dari 5 kelas yang ada. Sampel dalam penelitian ini diambil 40% dari populasi dengan teknik random sampling, jadi diambi1 70 siswa, dari 187 siswa yang ada secara acak. Adapun metode pengumpulan data menggunakan metode angket, dokumentasi, dan interview. Uji coba instrumen pada penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui tingkat kesahihan (validitas) dan tingkat keandalan (reliabilitas) instrumen sebelum digunakan untuk penelitian. Uji coba instrumen dalam penelitian ini dilakukan pada siswa kelas 1 MTsN Gondowulung Bantul. Pelaksanaan Uji coba dilakukan sebanyak 1 kali pada 20 siswa di luar sampel. Setelah diperoleh data melalui angket langkuh selanjutnya adalah melakukan analisis data untuk mengetahui tingkat kesahihan (validitas) dan tingkat keandalan (reliabilitas)sedangkan analisis data menggunakan uji validitas dan uji relibilitas dengan bantuan SPSS Versi 14.0 for Windows. Umuk menguji validitas digunakan teknik. korelasi Pruduct moment dari Pearson. Cara menghitungnya dengan mengkorelasikan skor tiap butir dengan skor total Hasil penelitian menunjukkan: (I) Nilai rata-rata prestasi belajar alQur'an hadis siswa kelas I MTsN Gondowulung Bantu} tergolong baik. (2) Minat Mengikuti kegiatan iqro' siswa kelas 1 MTsN Gondowulnng Bantul tergolong cukup. (3) Dengan koefisien korelasi sebesar 0,316, maka minat mengikuti kegiatan iqro' dengan prestasi belajar al-Qur'an hadis siswa kelas 1 MTsN Gondowulung menunjukkan hubungan positif signifikan dengan tingkat keeratan rendah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr5. Srujono, M.Si
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 11 Nov 2015 14:57
Last Modified: 11 Nov 2015 14:57
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/18221

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum