KINERJA DAN PENGUASAAN MATERI HUKUM NEWTON KASUS PEMBELAJARAN DENGAN PENDEKATAN INQUIRI PADA SISWA KELAS XI IPA SMA ISLAM 1 YOGYAKARTA

RUBI SUKOCO, NIM. 02461011 (2007) KINERJA DAN PENGUASAAN MATERI HUKUM NEWTON KASUS PEMBELAJARAN DENGAN PENDEKATAN INQUIRI PADA SISWA KELAS XI IPA SMA ISLAM 1 YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (KINERJA DAN PENGUASAAN MATERI HUKUM NEWTON KASUS PEMBELAJARAN DENGAN PENDEKATAN INQUIRI PADA SISWA KELAS XI IPA SMA ISLAM 1 YOGYAKARTA)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (8MB) | Preview
[img] Text (KINERJA DAN PENGUASAAN MATERI HUKUM NEWTON KASUS PEMBELAJARAN DENGAN PENDEKATAN INQUIRI PADA SISWA KELAS XI IPA SMA ISLAM 1 YOGYAKARTA)
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (a). tingkat kinerja dan penguasaan siswa terhadap konsep materi hukum Newton pada kasus pembelajaran dengan pendekatan inquiri dan; (b). sumbangan nilai UNAS SMP dan latar belakang sekolah asal siswa terhadap prestasi bela jar siswa kelas XI IP A SMA Islam 1 Y ogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kasus pembelajaran fisika materi hukum Newton yang melibatkan siswa dalam kegiatan inquiri. Penelitian ini dilatar belakangi oleh penilaian guru terhadap siswa dalam kenaikan kelas dan pemilihan jurusan menggunakan pedoman penggunaan nilai UNAS SMP dan latar belakang sekolah sebagai dasar pertimbanganya. Pembelajaran dengan pendekatan inquiri ini di harapkan siswa mampu menampilkan proses belajar berupa aktifitas fisik maupun mental, sehingga aspek kogniti:f, afektif dan psikomotorik dapat terlatih dengan baik. Data di analisis dengan diskripsi secara kualitatif diteruskan dengan analisis regresi yang melibatkan 2 variabel bebas. Selanjutnya untuk menguji signifikansi hasil regresi digunakan uji F dan diteruskan dengan perhitungan sumbangan relatif dan sumbangan efektif masing - masing variabel be bas terhadap variabel terikat. Analisis data dengan teknik regresi ganda dengan 2 variabel bebas dan observasi" menunjukan bahwa penerapan pembelajaran dengan pendekatan inquiri dapat berhasil mewujudkan tujuan penelitian. Keberhasilan proses pembelajaran ini dapat dilihat dari peningkatan prestasi belajar siswa selama dilakukanya test yang berupa pre test, post test dan evaluasi akhir.Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa : (1). Ada peningkatan kinerja dan prestasi belajar siswa dalam proses pembelajaran dengan pendekatan inquiri.(2). Ada sumbangan antara nilai UNAS SMP dan latar belakang sekolah terhadap prestasi belajar siswa. Adapun sumba.ngan relatif untuk variabel X1 sebesar 38.80% dan untuk x2 sebesar 61.20% dan sumbangan efektifnya untuk xl sebesar 31.03% terhadap Y dan untuk X2 sebesar 48.94% terhadap Y. Dan harga masingmasing prediktor besarnya sama dengan koefisien determinasi Ry(I.2)0 2 (0.3998) = 0, 7997 atau 79,97%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Prof. Suparwoto, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : Kinerja dan penguasaan materi, Hukum Newton, Pendekatan lnquiri.
Subjects: Pendidikan Fisika
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Tadris - Biologi, B. Inggris, Kimia, Matematika, Fisika (S1)
Depositing User / Editor: Miftahul Ulum [IT Staff] ---- youtube : ulum virgo -------- Facebook : digilibuin
Date Deposited: 18 Nov 2015 08:19
Last Modified: 18 Nov 2015 08:19
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/18226

Actions (login required)

View Item View Item