DIRASAH TAHLILIYYAH 'AN AL I'RAB WA AL BINA' WA TANFIDHIHIMA FI TA'LIM 'ILM AL NAHW 'INDA DOKTOR IBRAHIM MUSTAFA

CHAIRUL ANWAR, 10420077 (2015) DIRASAH TAHLILIYYAH 'AN AL I'RAB WA AL BINA' WA TANFIDHIHIMA FI TA'LIM 'ILM AL NAHW 'INDA DOKTOR IBRAHIM MUSTAFA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (DIRASAH TAHLILIYYAH 'AN AL I'RAB WA AL BINA' WA TANFIDHIHIMA FI TA'LIM 'ILM AL NAHW 'INDA DOKTOR IBRAHIM MUSTAFA)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img]
Preview
Text (DIRASAH TAHLILIYYAH 'AN AL I'RAB WA AL BINA' WA TANFIDHIHIMA FI TA'LIM 'ILM AL NAHW 'INDA DOKTOR IBRAHIM MUSTAFA)
BAB II, III.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui materi tentang i’rab dan bina pada pembelajaran ilmu nahwu dan pembaharuan ilmu nahwu yang dilakukan oleh Dr. Ibrahim Musthafa serta diharapkan dapat memberi masukan baru bagi semua pihak yang mempelajari ilmu nahwu terutama pada bab i’rab dan bina. Penelitian ini merupakan library reserch (penelitian kepustakaan) dengan menggunakan kitab Ihyā An-Nahwi sebagai sumber data primer, serta kitab Al-Qowā’id Al- Asāsiyyah Li Al-Lughoh Al-‘Arobiyyah, kitab Syarh Al-‘Ilrithi, kitab Syarh Alfiyyah Ibnu Mālik dan buku-buku lain yang mendukung penelitian ini sebagai sumber data sekunder. Metode analisis data yang diinginkan adalah analisis deskriptif. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa materi-materi tentang i’rab dan bina dibagi dalam beberapa bab diantaranya adalah pengertian i’rab dan bina, pembagian i’rab yang terdiri dari rofa’, nashob, jar, dan jazm, pembagian tanda i’rab yang terdiri tanda asli dan tanda far’i, penjelasan tentang ‘āmil, marfū’āt, manshūbāt, dan majrūrāt, serta pembagian bina yang terdiri dari dhomah, fathah, kasroh, dan sukun. Pada implementasi penelitian ini penulis berusaha untuk menyajikan implementasi materi i’rab dan bina menurut Dr. Ibrahim Musthafa secara umum, bukan implementasi metodologi pembelajarannya. Dr. Ibrahim Musthafa menginginkan pembelajaran i’rab dan bina tidak hanya untuk mengetahui perubahan harokat akhir sebuah kalimat saja melainkan untuk mengetahui makna yang terkandung dalam kalimat tersebut melalui perubahan harokat-nya, kemudian beliau membagi bab-bab dalam ilmu nahwu menjadi tiga bab besar yaitu ad-dhomah ‘alam al-isnad, al-kasroh ‘alam al-idhofah, dan al-fathah laisat alāmat ali’rab, dan beliau tidak membahas banyak tentang bina karena sudah jelas dan tidak dapat berubah-ubah seperti i’rab. Kata kunci: I’rab, Bina, Ibrahin Musthofa, dan Pembelajaran Nahwu.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: R. Umi Baroroh, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: i’rab, bina
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 16 Nov 2015 09:27
Last Modified: 16 Nov 2015 09:27
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/18228

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum