TARIQAH TA'LIM AL TAWABI' WA TATBIQIHA 'INDA ABDUL 'ALIM IBRAHIM FI KITAB AL MUWAJJAH AL FANA

SITI NURVIYANTI, NIM. 11420003 (2015) TARIQAH TA'LIM AL TAWABI' WA TATBIQIHA 'INDA ABDUL 'ALIM IBRAHIM FI KITAB AL MUWAJJAH AL FANA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (TARIQAH TA'LIM AL TAWABI' WA TATBIQIHA 'INDA ABDUL 'ALIM IBRAHIM FI KITAB AL MUWAJJAH AL FANA)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (7MB) | Preview
[img] Text (TARIQAH TA'LIM AL TAWABI' WA TATBIQIHA 'INDA ABDUL 'ALIM IBRAHIM FI KITAB AL MUWAJJAH AL FANA)
BAB II, III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjelaskan tentang tawābi’ dan mengetahui metode pembelajarannya yang cocok untuk siswa tingkat menengah dan penerapannya. Dan dengan adanya penelitian ini diharapkan dapat memperluas pengetahuan para pendidik dan siswa dibidang ilmu nahwu khususnya pada bab at-tawābi’ dan metode pembelajarannya yang sesuai. Dan jenis penelitian ini adalah penelitian kepustakaan menggunakan buku-buku yang bermacam-macam. Maka semua penjelasan dengan membaca buku-buku yang berhubungan dengan judul penelitian. Dan peneliti menggunakan metode wasfi dalam penelitian ini, penelitian ini diawali dengan penjelasan tentang at-tawābi’ dan jenis-jesisnya dan hukum-hukumnya, dari penjelasan tersebut dapat disimpulkan metode pembelajaran yang sesuai dengan siswa tingat menengah dan penerapannya berdasarkan kitab-kitab yang sesuai dengan penelitian. Hasil dari penelitian ini adalah ada 4 bagian at-tawābi’ : anna’t, attaukîd, al ‘atf, dan al badal. Anna’t terdiri dari dua jenis : anna’tussababiy dan anna’tulhaqiqiy, attaukîd ada dua jenis : lafżiy dan ma’nawiy. Sedangkan al’aṭf terdiri dari dua bagian : „aṭful bayān dan „atfunnasaq (‘aṭfun bil hurûf). Hurufhuruf ‘aṭf ada sembilan : waw, fa’, śumma, aw, hatta, am, lakin, bal, dan lā. Sedangkan badal terdiri dari empat bagian : albadal almuṭãbiq, badalu ba’din min kullin, badalul isytimāl, albadal almubayyin lil mubdal minhu. Dan metode pembelajaran yang sesuai untuk siswa tingkat menengah adalah metode induktif, karena proses pembelajarannya cepat diawali dengan menyebutkan contoh kosa kata kemudian penjelasan contoh dengan cara diskusi bersama siswa kemudian mengambil kesimpulan/kaidah dari siswa dengan bantuan guru. Dan penerapannya dengan lima bagian : pembukaan, memberi contoh, perbandingan, mengambil kesimpulan dan latihan. Kata kunci : attawābi’, metode pembelajaran, penerapan, tingkat menengah,

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: DR. MAKSUDIN, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: attawābi’, metode pembelajaran, penerapan, tingkat menengah,
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 16 Nov 2015 09:27
Last Modified: 16 Nov 2015 09:27
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/18229

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum