EKSPERIMENTASI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA ARAB DI MAN WONOKROMO BANTUL

FALA YAHZUNKA, NIM : 11420043 (2015) EKSPERIMENTASI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA ARAB DI MAN WONOKROMO BANTUL. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (EKSPERIMENTASI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA ARAB DI MAN WONOKROMO BANTUL)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (EKSPERIMENTASI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA ARAB DI MAN WONOKROMO BANTUL)
BAB II, III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji cobakan sebuah model pembelajaran, yang nantinya bisa mengungkapkan ada tidaknya peningkatan hasil belajar bahasa Arab khususnya pada mahārah al-qirā’āh dan menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan antara hasil belajar kelompok eksperimen dengan kelompok kontrol pada siswa kelas XI agama di MAN Wonokromo Bantul. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI agama MAN Wonokromo Bantul tahun ajaran 2014/2015 sebanyak 61 siswa, yang terbagi menjadi dua kelas. Adapun pengambilan sampel pada penelitian ini dilakukan dengan purposive sampling yaitu teknik penentuan sampel dengan pertimbangan tertentu. Adapun sampel yang diambil adalah kelas Agama 1 berjumlah 31 siswa dan kelas Agama 2 berjumlah 30 siswa. Metode pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode test, wawancara, dokumentasi dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahawa uji T pos_tes antara kelompok eksperimen dan kontrol didapatkan nilai tobservasi< ttabel (ditolak) atau -2,916 < 2,00 pada taraf signifikansi 5%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat perbedaan hasil belajar antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Sedangkan uji T nilai pre_tes dan Pos_tes kelompok eksperimen menunjukkan bahwa -tobservasi< ttabel (disetujui), sehingga diperoleh -1,619 < 2,00 pada taraf signifikansi 5%. Yang artinya terdapat peningkatan yang signifikan antara hasil belajar kelompok eksperimen dengan kelompok kontrol melalui metode Numbered Head Together pada pembelajaran bahasa Arab (Al-Qiro’ah) di kelas XI Agama MAN Wonokromo Bantul tahun pelajaran 2014/2015.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. H. Ahmad Rodli, M.Si
Uncontrolled Keywords: PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT)
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 16 Nov 2015 09:27
Last Modified: 16 Nov 2015 09:27
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/18232

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum