PEMIKIRAN PENDIDIKAN NILAI ABDULLAH NASHlH ULWAN (Telaah Konsep Pembentukan Akhlak Anak Dalam Kitab Tarbiyatul Aulad Fil Islam)

MUHAMMAD MANGSUR CBANIFUDDIN, NIM. 02411215 (2007) PEMIKIRAN PENDIDIKAN NILAI ABDULLAH NASHlH ULWAN (Telaah Konsep Pembentukan Akhlak Anak Dalam Kitab Tarbiyatul Aulad Fil Islam). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PEMIKIRAN PENDIDIKAN NILAI ABDULLAH NASHlli UL WAN (Telaab Konsep Pembentukan Akblak Anak Dalam Kitab Tarbiyatul Au/ad Fit Islam))
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PEMIKIRAN PENDIDIKAN NILAI ABDULLAH NASHlli UL WAN (Telaab Konsep Pembentukan Akblak Anak Dalam Kitab Tarbiyatul Au/ad Fit Islam))
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisa secara kritis, bagaimana konsep Pendidikan Nilai yang ditawarkan oleh Abdullah Nashih Ulwan dalam salah satu karangannya yang berjudul "Tarbiyatul Aulad Fil Islam". Hasil penelitian ini diharapkan mampu mengungkapkan konsep Pendidikan Nilai Abdullah Nashih Ulwan yang mcliputi pcngertian, tujuan, materi dan metode, agar dapat dipergunakan sebagai penyempumaan penerapan pendidikan Islam, terutama tentang materinya. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif melalui tinjauan historis dan psikologis-paedagogis, dengan subyek penelitiannya yaitu salah satu kitab Abdullah Nashih Ulwan yang berjudul Tarbiyatul Aulad Fil Islam. Pengumpulan data dilakukan melalui pengumpulan data-data yang terdapat di berbagai literatur. Penekanan pengumpulan data dalam penelitian ini adalah menemukan berbagai prinsip, dalil, teori, pendapat dan gagasan Abdullah Nashih Ulwan yang tertuang dalam kitab tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Pendidikan Nilai dalam membentuk akhlak anak terbagi menjadi tiga ranah, yaitu: pendidikan keimanan, pendidikan moral, dan pendidikan sosial; 2) Pendidikan keimanan dimaksudkan sebagai upaya mengikat seorang anak dengan dasar-dasar keimanan, rukun Islam dan syari'at. Tujuannya agar anak hanya mengenal lslam sebagai din-nya, AIQur'an sebagai imamnya dan Rasulullah sebagai pemimpin dan teladannya. Berkaitan dengan upaya-upaya mengenalkan nilai-nilai keimanan dapat dilakukan dengan mengenalkan kalimat tauhid pada anak semenjak dilahirkan. mengenalkan hukum halal dan haram, mcngcnalkan dan mcndidik anak untuk bcribadah ketika telah memasuki usia tujuh tahun, mendidik anak untuk mencintai Rasul dan keluarganya serta membaca Al-Qur'an; 3) Pendidikan moral adalah serangkaian prinsip dasar moral dan keutamaan sikap serta watak (tabiat) yang harus dimulai dan dijadikan kebiasaan oleh anak sejak masa dini hingga ia menjadi seorang mukallaf, siap dalam mengarungi lautan kehidupan. Tujuannya adalah membentuk benteng religius yang berakar pada hati sanubari yang berfungsi memisahkan anak dari sifat-sifat negatif, kebiasaan-kebiasaan dosa dan tradisi-tradisi jahiliyah. Upaya penanaman moral ini dapat dilakukan dengan penghindaran terhadap peniruan dan taklid buta. Tidak terlalu larut dalam kesenangan atau kemewahan tidak mendengarkan musik dan lagu-lagu porno, tidak bersikap dan bergaya menyerupai wanita, larangan memandang hal-hal yang diharamkan; 4)pendidikan sosial adalah mendidik anak sejak kecil agar terbiasa menjalankan perilaku sosial yang utama, dasar-dasar kejiwaan mulia yang bersumber pada akidah Islamiyah dan kesadaran iman yang mendalam agar di tengah-tengah masyarakat nanti, ia mampu bergaul dan berprilaku sosial yang baik, memiliki keseimbangan aka! yang matang dan bijaksana. Tujuan dari pendidikan ini adalah membiasakan anak-anak untuk menjalankan adab sosial yang baik, seperti tata k.rama, pergaulan yang baik bersama orang lain dan kritik sosial. Untuk menumbuhkan nilai-nilai sosial ini diperlukan upaya-upaya penanaman nilai-nilai sosial yang memuat prinsip-prinsip dasar kejiwaan yang mulia, memelihara hak orang lain, melaksanakan etika sosial, pengawasan dan kritik sosial. 5) Adapun metode pendidikan yang dipakai Ulwan dalam kitabnya tersebut adalah keteladanan, pembiasaan, nasehat, perhatian dan hukuman. Berbagai metode pendidikan yang ditawarkan Ulwan tersebut masih relevan jika diterapkan dalam pendidikan Islam sesuai dengan konteks materi yang akan disampaikan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Mahmud Arif, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: pendidikan nilai, pendidikan Islam
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 16 Nov 2015 09:27
Last Modified: 16 Nov 2015 09:27
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/18233

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum