HUBUNGAN KEAKTIFAN MENGIKUTI PROGRAM BACA TULIS AL QUR'AN DENGAN KEMAMPUAN MEMBACA AL QUR'AN PADA SISWA KELAS V SD NEGERI Ol PAPAHAN KAB.KARANGANYAR

MUHAMMAD RIFAI, NIM 03410124 (2007) HUBUNGAN KEAKTIFAN MENGIKUTI PROGRAM BACA TULIS AL QUR'AN DENGAN KEMAMPUAN MEMBACA AL QUR'AN PADA SISWA KELAS V SD NEGERI Ol PAPAHAN KAB.KARANGANYAR. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (HUBUNGAN KEAKTIFAN MENGIKUTI PROGRAM BACA TULIS AL QUR'AN DENGAN KEMAMPUAN MEMBACA AL QUR'AN PADA SISWA KELAS V SD NEGERI Ol PAPAHAN KAB.KARANGANYAR)
BAB I, IV DAN DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (33MB) | Preview
[img] Text (HUBUNGAN KEAKTIFAN MENGIKUTI PROGRAM BACA TULIS AL QUR'AN DENGAN KEMAMPUAN MEMBACA AL QUR'AN PADA SISWA KELAS V SD NEGERI Ol PAPAHAN KAB.KARANGANYAR)
BAB II, III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (7MB)

Abstract

MUHAMAD RIFAI. Hubungan Keaktifan Mengikuti Program Baca Tulis AL Qur'an dengan Kemampuan Membaca AI Qur'an pada Siswa Kelas V SD Negeri 01 Papahan Kab. Karanganyar. Skripsi. Yogyakarta: FakuJtas Tarbiyab UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2007. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar tingat keaktifan siswa kelas V SD Negeri 01 Papahan Kab. Karanganyar dalam mengikuti program baca tulis Al Qur'an, dan seberapa besar tingkat kemampuan siswa dalam hal membaca A1 Qm'an yang meliputi dari segi kelancaran dan penerapan tajwidnya. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri 01 Papahan Kab. Karanganyar sebanyak 59 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode angket, dokumentasi, wawancara., tes, dan observasi. Analisis instrumen meliputi analisis validitas dan reliabilitas. Hasil anali.sis validitas angket tentang keaktifan mengikuti program baca tulis AI Qur'an dari 25 pertanyaan yang ditryoutkan terdapat 5 butir yang tidak valid, maka didapatkan 20 butir yang terbukti valid. Sedangkan hasil analisis reliabilitas instrumen menunjukkan koefisien reliabilitas scbesar 0,877 dan angka tersebut jaulllebih besar dari 0,70, sehi.ngga dapat dinyatakan bahwa instrwnen kuesioner tersebut memiliki kualitas yang baik dan dinyatakan reliabel. Sedangkan wttuk tes kemampuan membaca AL Qur'an penulis tidak melakukan uji validitas dan reliabilitas, karena penilaian berdasarkan akal penguji. Analisis data meltputi anatisis deskriptif dan analisis korelasi. Hasil penelitian menunjukkan : 1) Tingkat keaktifan siswa mengikuti program baca rulis Al Qm'an kelas V SD Negeri 0 l Papaban berada pada kategori sedang. Hal tersebut ditunjukkan dengan rata-rata nilai keaktifim sebesar 3,90. 2) Kemampuan membaca Al Qur'an siswa kelas V SO Negeri 01 Papahan juga berada pada kategori sedang, dengan dittmjukkan nilai rata-rata kemampuan membaca AI qur'an sebesar 3,64. 3) Ada hubungan positifyang signifikan antara keaktifan mengikuti program baca tulis Al Qur'an dengan kemampuan membaca AI Qur'an. Hal ini berarti semakin tinggi tingkat keaktifan siswa mengikuti program baca tttlis Al Qur'an siswa kelas V SO Negeri 01 Papahan akan semakin tinggi puJa kemampuan membaca Al Qur'annya. dari perhitungan korelasi didapat koefisien korelasi sebesar 0,583 signinifikan pada taraf signifikasi 5 % yaitu sebesar 0,250~ dan taraf signifikasi 1 % sebesar 0,325. Angka korelasi sebesar 0,583 tersebut tennasuk dalam kategori signifikansi yang sedang. Sedangkan koefisien detenninasinya (r) didapat nilai sebesar 0,3398. Kcmampuan mcmbaca AI Qur' an siswa dipengaruhi oleh keaktifan siswa dalam mengikuti program baca tulis AI Qm'an sebesar 33,98%, sedangkau sisanya dipengaruhi faktor lain.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs.A. Miftah Baidlowi,M.Pd
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 16 Nov 2015 11:38
Last Modified: 16 Nov 2015 11:39
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/18242

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum