PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN PELA YANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN (Studi Kasus pada Rumah Makan Ayam Bakar Wong Solo Cabang Yogyakarla)

NURHADICAHYONO, NIM. 00390148 (2007) PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN PELA YANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN (Studi Kasus pada Rumah Makan Ayam Bakar Wong Solo Cabang Yogyakarla). Skripsi thesis, FAKULTAS SYARIAH UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (19MB) | Preview
[img] Text
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (19MB)

Abstract

Pemasaran berperan sangat penting dalam perusahaan. Agar dapat berkembang dan menghasilkan profit yang tinggi, perusahaan harus dapat menerapkan sebuah strategi yang jitu. Hal ini karena fungsi dari pemasaran yang akan dirasakan oleh konsumennya. Joses M. Juran berpendapat bahwa kualitas merupakan kesesuaian atau kecocokan untuk pemakaian, artinya bahwa kondisi ini akan lebih menekankan pada pemenuhan harapan-harapan konsumen. Menurut W. Edward Deming kualitas didefinisikan sebagai perbaikan dan pengukuran kualitas secara terus menerus. Dalam hal ini pendekatan SDM sangat diperhatikan. Jika karyawan dapat dioptimalkan secara benar maka kualitas akan dapat disempumakan. Hal ini disebabkan karyawan merupakan garda terdepan perusahaan dalam menghadapi konsumen-konsumenya. Kualitas disimpulkan lebih lanjut sebagai pemenuhan harapan konsumen oleh pihak perusahaan. Sebuah produk bisa dikatakan berkualitas jika produk yang dihasilkan telah sesuai dengan apa yang diharapkan konsumen dari produk yang dikonsumsinya. Memenuhi harapan konsumen, perusahaan harus bisa menciptakan seluruh kondisi secara maksimal, baik produk itu sendiri yang akan di konsumsi oleh konsurnen maupaun pelayanan yang diberikan yang menyertai produk tersebut, sehingga selain perusahaan di tuntut untuk memproduksi barang yang berkualitas juga memberikan pelayanan yang baik pula. Perusahaan yang menyajikan produk barang beserta pelayanan, seperti rumah makan, haruslah sangat memperhatikan masalah ini. Perroasalahan di atas yakni pentingnya kualitas produk dan pelayanan oleh suatu perusahaan seperti rumah makan menjadi perhatian penulis, dan penulis mencoba menganalisis kepuasan pelanggan Rumah Makan Ayam Bakar Wong Solo di outlet Y ogyakarta dengan variabel uji kualitas produk dan pelayanan. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan. Lokasi yang digunakan oleh penulis adalah di Rumah Makan Ayam Bakar Wong Solo di outlet Yogyakarta. Dalam mengumpulkan data, penulis menyebarkan angket tentang penilaian kualitas produk dan pelayanan yang diberikan kepada konsumen Rumah Makan Ayam Bakar Wong Solo di outlet Yogyakarta serta tingkat kepuasan yang konsumen rasakan dari produk dan pelayanan yang diterima. Penelitian ini bertujwin untuk menjelaskan sejauh mana tingkat kualitas produk dan pelayanan yang di hasilkan oleh Rumah Makan Ayam Bakar Wong Solo di outlet Yogyakarta. Penelitian ini juga bertujuan untuk menjelaskan sejauh mana tingkat kepuasan pleanggan terhadap produk dan pelayanan di Rumah Makan Ayam Bakar Wong Solo di outlet Yogyakarta. Hasil penelitian yang dilakukan oleh penulis menunjukan bahwa kualitas produk secara parsial berpenga.ruh signifikan positif terhadap kepuasan pelanggan. kualitas pelayanan secara parsial juga berpengaruh signifik.an positif terhadap kepuasan pelanggan. Secara simultan antara kualitas produk dan pelayanan juga berpenga.ruh signifikan positif terhadap kepuasan pelanggan di Rumah Makan Ayam Bakar Wong Solo.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: SUNARSIH, SE, M.Si.
Subjects: Muamalat
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Muamalah (S1)
Depositing User / Editor: Edi Prasetya [edi_hoki]
Date Deposited: 16 Nov 2015 04:33
Last Modified: 16 Nov 2015 04:33
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/18243

Actions (login required)

View Item View Item