NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM DALAM KONSEP MASYARAKAT MADANI (STUDI ATAS PEMIKIRAN NURCHOLISH MADJID)

SUDARNI, NIM. 02471363 (2007) NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM DALAM KONSEP MASYARAKAT MADANI (STUDI ATAS PEMIKIRAN NURCHOLISH MADJID). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM DALAM KONSEP MASYARAKAT MADANI (STUDI ATAS PEMIKIRAN NURCHOLISH MADJID))
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text (NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM DALAM KONSEP MASYARAKAT MADANI (STUDI ATAS PEMIKIRAN NURCHOLISH MADJID))
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Nurcholish Madjid adalah salah satu cendekiawan muslim Indonesia yang pemikirannya cukup direspon oleh banyak orang. Salah satu basil pemikiran atau gagasan Nurcholish Madjid yaitu tentang masyarakat madani. Dalam skripsi ini akan dirumuskan bagaimana konsep masyarakat madani menurut Nurcholish Madjid, seperti apa nilai-nilai pendidikan Islam yang terkandung di dalam konsep masyarakat madani Nurcholish Madjid tersebut. Adapun penelitian ini merupakan jenis penelitian pustaka (library research). Metode pengumpulan data dalam skripsi ini menggunakan metode dokumentasi berupa buku, surat kabar dan tulisan-tulisan lain yang dapat dijadikan sumber. Pendekatan yang digunakan oleh penulis yaitu lebih difokuskan pada pendekatan histories, dan metode analisis data menggunakan metode content ana/isis (analisis isi). Konsep masyarakat madani yang ditawarkan Nurcholish Madjid yaitu mengacu pada tipe masyarakat Madinah pada masa Rasulullah. Masyarakat tersebut adalah. masyarakat yang menyelesaikan persoalan-persoalan yang ad~ dengan keadaban (civility) seperti yang dicontohkan Nabi Muhammad SAW pada masa lampau, yaitu masyarakat yang menghargai dan melaksanakan keadilan, demokrasi, toleransi dan pluralisme yang dilandasi dengan ketaqwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa. Indonesia adalah masyarakat yang sangat majemuk, dengan berbagai kebudayaan, suku bangsa dan agama. Keadaan seperti itu tidak menutup kemungkinan akan terbentuk kehidupan yang harmonis walaupun kaya dengan perbedaan, karena perbedaan itu akan saling melengkapi. Terwujudnya masyarakat yang harmonis, penuh kedamaian yaitu dengan mewujudkan masyarakat yang berkeadaban atau masyarakat madani yang mempunyai nilainilai luhur. Konsep masyarakat madani yang di dalamnya terdapat nilai-nilai luhur yaitu keadilan, demokrasi, toleransi, pluralisme, sesuai dengan nilai-nilai pendidikan Islam, karena Islam sendiri mengajarkan prinsip persamaan dalam berbagai hal, tidak • ada dominasi minoritas atau mengedepankan keadilan. Sehingga terbukalah jalan yang sama bagi semua orang tanpa ada pembedaap antara orang yang satu dengan yang lainnya. Dalam Islam hanya mengenal perbedaan itu pada tingkat ketaqwaan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. Ahmad Arifi, M.Ag
Subjects: Kependidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 16 Nov 2015 11:44
Last Modified: 16 Nov 2015 11:44
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/18249

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum