NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM DALAM SY AIR KESENIAN SHALA W AT ZAN-ZANEN DI KENTENGSARI BARAT PARAKAN TEMANGGUNG

NAILUFAR ELMI KHAYATI, NIM: 02411078 (2007) NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM DALAM SY AIR KESENIAN SHALA W AT ZAN-ZANEN DI KENTENGSARI BARAT PARAKAN TEMANGGUNG. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM DALAM SY AIR KESENIAN SHALA W AT ZAN-ZANEN DI KENTENGSARI BARAT PARAKAN TEMANGGUNG)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (8MB) | Preview
[img] Text (NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM DALAM SY AIR KESENIAN SHALA W AT ZAN-ZANEN DI KENTENGSARI BARAT PARAKAN TEMANGGUNG)
BAB II, III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

NAILUFAR ELMI KHAYATI. Nilai-nilai Pendidikan Islam dalam Syair Kesenian Shalawat Zan-zanen di Kentengsari Barat Parakan Temanggung. Skripsi. Y ogyakarta: Fakultas Tarbiyah UIN Sunan Kalijaga, 2006. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap tentang Nilai-nilai Pendidikan Islam dalam Syair Kesenian Shalawat Zan-zaneQ di Kentengsari Barat Parakan Temanggung dengan pengembangan Pendidikan Agama islam. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan pengamatan, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan mcmberikan makna terhadap data. yang berhasil dikumpulkan, dan dari makna itulah ditarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Nilai-nilai pendidikan ls!am yang terkandung dalam syair lagu kesenian shalawat Zan-zanen yaitu pendidikan keimanan, yang meliputi iman kcpada Allah, iman kcpada Rasul-rasuNya, dan iman kcpada hari akhir tcntang kehidupan di alam kubur dan adanya surga dan neraka. Pcndidikan Syariah yang bcrisi ·: tentang perintah untuk melaksanakan Rukun Islam; dua syahadat,d'ln shalat. Pendidikan Akhlak yang b~risi tentang kewajiban setiap manusia untuk mcrawat anak yatim dan . menuntut ilmu. (2) Syai-sair lagu dalam kesenian shalawat Zan-zancn mengandung nilai nilai pcndidikan Islam yaitu dalam hal pcndidikan kcimanan atau aqidah, keislaman atau syariah dan akhlak yang sangat relevan jika digunakan sebagai pcngembangan Penddidikan Agama Islam.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs.Rofik,M.Ag
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 16 Nov 2015 12:04
Last Modified: 16 Nov 2015 12:04
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/18252

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum