HUBUNGAN ANTARA METODE BELAJAR MUSYAWARAH DENGAN PRESTASI BELAJAR PADA MATA PELAJARAN FIQIH SISWA KELAS ll SEMESTER GENAP DI MADRASAH ALlYAH ALI MAKSUM KRAPYAK YOGYAKARTA 2006/2007

NGUBAIDULLAH SUBHAN, NIM.99414178 (2007) HUBUNGAN ANTARA METODE BELAJAR MUSYAWARAH DENGAN PRESTASI BELAJAR PADA MATA PELAJARAN FIQIH SISWA KELAS ll SEMESTER GENAP DI MADRASAH ALlYAH ALI MAKSUM KRAPYAK YOGYAKARTA 2006/2007. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (HUBUNGAN ANTARA METODE BELAJAR MUSYAWARAH DENGAN PRESTASI BELAJAR PADA MA TA PELAJARAN FIQffi SISWA KELAS ll SEMESTER GENAP DI MADRASAH ALlY AH ALI MAKSUM KRAPYAK YOGYAKARTA 2006/2007)
BAB I, IV DAN DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (25MB) | Preview
[img] Text (HUBUNGAN ANTARA METODE BELAJAR MUSYAWARAH DENGAN PRESTASI BELAJAR PADA MA TA PELAJARAN FIQffi SISWA KELAS ll SEMESTER GENAP DI MADRASAH ALlY AH ALI MAKSUM KRAPYAK YOGYAKARTA 2006/2007)
BAB II, III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (16MB)

Abstract

NGUBAIDULLAH SUBHAN. Hubungan antara Metode Belajar Musyawarah dengan Prestasi Belajar pada Mata Pelajaran Fiqih Siswa Kelas II Semester Genap di Mad.rasab Aliyah Ali Maksum Krapyak Yogyakarta 2006/2007. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan metode belajar musyawarah yang dilaksanakan di kelas II semester genap, untuk mengetahui hubungan antara metode belajar musyawarah dengan prestasi belajar mata pelajaran fiqih di kelas semester genap, dan untuk mengetahui faktor pendukung dan faktor penghambat pelaksanaan metode belajar musyawarah di MA AJi Maksum Krapyak Y ogyakarta2006/2007. Populasi dalam penelitian ini siswa di kelas II semester genap di MA Ali Maksum Krapyak, sebagai sampel penelitian ini diambil dua kelas II siswa putra dari tiga kelas yang ada. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, interview, dan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode belajar musyawarah dilaksanakan jam 20.00-21 .30 WIB. Teknis pelaksanaanya, siswa dibagi beberapa kelornpok sesuai dengan kelasnya masing-masing kemudian dipilih seorang ketua yang bertugas mengatur jalanya musyawarah dan bertanggungjawab pada pembimbing dengan memberikan absensi dan catatan sebagai tanda bukti kehadiran dan hasil musyawarah. dipilih juga, seorang pembabas yang bertugas menerangkan materi pelajaran fiqib dengan perhitungan mencari besamya nilai rxy mendapatkan basil sebesar 0,99075. untuk mengetahui tinggi rendahnya, kuat dan lemahya, besar dan kecilnya dapat diketahui melalui besar kecilnya angka indeks korelasi. Oleh karena, besamya nilai korelasi sudah didapatkan sebesar 0,99075 nilai tersebut bertanda positif maka itu artinya ada hubungan yang sifatnya searah yaitu dua variabel berjalan paralel maka hubungan dua variabel tersebut menunjukkan arab yang sama. Nilai rxy yang telal1 didapat bila di.konsultasikan pada nilai r table pada taraf signifikansi 5% maupun 1% (0,304<0,99075>0,393). Sesuai dengan ketentuan jika rxy > n maka Hipotesa nol ditolak dan Hipotesa alternative diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan ada korelasi (+) yang signifikan antara variabel X(metode belajar musyawarah) dengan variabel Y(prestasi belajar mata peJajaran fiqih). Begitu juga, apabila di.konsultasikan dengan table interpretasi indeks korelasi product moment nilai rxy sebesar 0,99075 termasuk kategori sangat kuat atau sangat tinggi. Dari fakta ini dapat disimpulkan bahwa ada hubungan positif (signifikan) antara metode belajar musyawarah dengan prestasi belajar pada mata pelajaran fiqib siswa kelas II semester genap di MA Ali Maksum Krapyak Yogyakarta2006/2007. Adapun faktor pendukung!penghambat yang terdiri dari faktor pendukunglpenghambat internal dan ekstemal.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs, Radino, M.Ag
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 16 Nov 2015 12:14
Last Modified: 16 Nov 2015 12:14
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/18253

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum