PERSEPSI SANTRI TERHADAP PEMBELAJARAN KITAB KUNING (STUDI DI MADRASAH SALAFIYAH II PUTRA P.P. AL MUNAWWIR KRAPYAK YOGYAKARTA)

M.HABIBI, NIM. 02411265 (2007) PERSEPSI SANTRI TERHADAP PEMBELAJARAN KITAB KUNING (STUDI DI MADRASAH SALAFIYAH II PUTRA P.P. AL MUNAWWIR KRAPYAK YOGYAKARTA). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PERSEPSI SANTRI TERHADAP PEMBELAJARAN KITAB KUNING (STUDI DI MADRASAH SALAFIYAH II PUTRA P.P. AL MUNAWWIR KRAPYAK YOGYAKARTA))
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (7MB) | Preview
[img] Text (PERSEPSI SANTRI TERHADAP PEMBELAJARAN KITAB KUNING (STUDI DI MADRASAH SALAFIYAH II PUTRA P.P. AL MUNAWWIR KRAPYAK YOGYAKARTA))
BAB II, III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang pembelajaran kitab kuning dan perssepsi santri terhadap pentbelajaran tersebut. Hasil penelitian ini diharapkan akan dapat digunakan sebagai bahan evaluasi bagi para ustadz dalam pembelajaran kitab kuning khususnya di Madrasah Salafiyah II Putra PP. alMunawwir Krapyak Yogyakarta dan Madrasah-madrasah di Pondok Pesantren pada umumnya. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, dengan mengambil latar Madrasah Salafiyah II Putra PP. al-Munawwir Krapyak Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi, wawancara, dokumentasi dan angket. Adapun pengumpulan data dengan angket menggunakan cara populasi santri kelas dua putra yang berjumlah 12 orang. Analisis data dilakukan dengan memberikan makna terhadap data yang berhasil dikumpulkan, dan dari makna data itulah ditarik sebuah kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan : I) Pembelajaran Kitab Kuning yang dilaksanakan di Madrasah Salafiyah II Putra seperti halnya pada pembelajaran pada umumnya, yaitu adanya komponen yang sating mendukung. Komponen ini berupa materi, metode, media sumber belajar dan evluasi. Materi yang dipakai berupa kitab kitab kuning karangan ulama klasik, metode yang digunakan dalam pembelajaran kitab kuning berupa metode Sorogan, metode bandongan. metode ceramah, metode penugasan, metode tanya jawab, metode diskusi, media yang dipakai masih tradlsional sedangkan sumber belajar yang digunakan harus berupa buku atau kitab yang berbahasa arab dan sistem evaluasi berupa test yang dilaksanakan setiap semester. 2) Persepsi santri terhadap pelaksanaan pembelajaran kitab kuning secara umum cukup baik, hal tersebut dapat dilihat dari hasil tanggapan santri 83, 3% menyatakan cukup baik. Namun masih adanya sebagian santri yang mengangap pembelajaran masih kurang baik, hal ini karena adanya beberapa faktor terutama yang berkaitan dengan penerapan media pembelajaran. Sedangkan hasil evaluasi santri secara keseluruhan itu cukup/ mendekati lebih dari cukup, karena nilai rata-rata yang diperoleh santri kelas Tsaniyah Madrasah Salafiyah II Putra untuk mata pelajan Fiqih, Aqidah, Tafsir, Ahlak, Hadits. Nahwu. Sorof dan Qiroatul Kutub secara keseluruhan adalah 7, 39 dan tingkat keberhasilannya telah mencapai baik/minimal karena santri telah mencapai 73, 9% bahan yang diajarkan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. Sarjono, M.Si
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Kitab Kuning,Madrasah Salafiyah II Putra PP, Al-Munawwir Krapyak Yogyakarta
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 16 Nov 2015 14:30
Last Modified: 16 Nov 2015 14:30
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/18271

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum