TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP DISTRIBUSI ZAKAT FITRAH DI DUSUN GONDANG DESA UMBULHARJO KECAMATAN CANGKRINGAN KABUPATEN SLEMAN YOGYAKARTA

HERU RAHMAWAN, NIM. 02381345 (2007) TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP DISTRIBUSI ZAKAT FITRAH DI DUSUN GONDANG DESA UMBULHARJO KECAMATAN CANGKRINGAN KABUPATEN SLEMAN YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (8MB) | Preview
[img] Text
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (7MB)

Abstract

Zakat merupakan salah satu dari rukun Islam yang di dalamnya mengandung tiga unsur pokok, yaitu dimensi ibadah (ubudiyyah maliyah), dimensi psikis (nafsiyyah) dan dimensi sosial (muamalah). Salah satu keberhasilan dalam bidang sosial adalah terpenuhinya hak-hak malalui ketepatan distribusi zakat kepada delapan kelompok mustahiq yang terdiri dari fakir dan miskin, 'amil, mu'allaf, riqab, garimin,fi-sabililah dan ibnu sabil Demikian juga zakat fitrah yang implementasinya bertujuan untuk menyucikan puasa dan memberi kecukupan makanan bagi orang-orang miskin pada saat hari raya Idul Fitri. Tentunya distribusi ini harus mempertimbangkan mustahiq yang ada dengan menggunakan skala prioritas, disesuaikan pada kebutuhan yang paling mendesak untuk segera dipenuhi, sehingga zakat fitrah dapat mencapai tujuan dan tepat pada sasaran. Praktek pendistribusian zakat fitrah di dusun Gondang sedikit berbeda dari daerah lain, yaitu dibagikan secara merata kepada seluruh warga dusun, dengan memberi prioritas kepada golongan miskin, amil, dan tokoh agama. Jadi setiap kepala keluarga yang ada di dusun Gondang semuanya mendapat pembagian zakat fitrah. Distribusi ini merupakan kebiasaan masyarakat setempat yang telah berlangsung lama. Menjadi agenda yang selalu dilaksanakan panitia dalam setiap periode kepengurusan zakat fitrah. Maka untuk itu akan dipaparkan bagaimana pelaksanaannya, beserta tinjauan menurut perspektif hukum Islam. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan, yang sumber data primernya diperoleh dari wawancara langsung dengan menggunakan teknik probability sampling, tepatnya purposive sampling, yaitu sampel dipilih berdasarkan pertimbangan peneliti yang dianggap bisa mewakili populasi. Di samping itu digunakan teknik dokumentasi untuk menggali data-data tertulis yang ada di dusun Gondang dan data-data lain yang berkaitan dengan penelitian. Sifat dari penelitian ini adalah preskriptif, karena selain memaparkan permasalahan mengenai distribusi zakat fitrah kepada warga secara merata, penelitian ini menilai dan mengkaji kesesuaian antara permasalahan yang terjadi dengan aturan dalam syari'at Islam, sehingga pendekatan yang dipakai adalah pendekatan normatif Berdasarkan metode yang digunakan, maka terungkap bahwa distribusi zakat fitrah kepada warga secara merata di dusun Gondang desa Umbulharjo kecamatan Cangkringan kabupaten Sleman Yogyakarta tidak sesuai dengan hukum Islam, karena tidak ada kejelasan untuk siapa zakat fitrah itu diberikan setelah adanya prioritas kepada orang miskin, ami1 dan tokoh agama. Kebiasaan mereka tergolong 'urf fasid, yaitu 'urf yang bertentangan dengan syara'. Terutama dengan dalil yang menjelaskan delapan golongan asnaf penerima zakat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: DRS.H.FUAD ZEIN,MA.
Uncontrolled Keywords: Tinjauan Hukum Islam, Distribusi Zakat Fitrah
Subjects: Muamalat
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Muamalah (S1)
Depositing User / Editor: Miftakhul Yazid Fuadi, SIP.
Date Deposited: 16 Nov 2015 08:23
Last Modified: 16 Nov 2015 08:23
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/18277

Actions (login required)

View Item View Item