TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP SISTEM PENGGAJIAN KARYAWAN DI CV. SINAR BINTANG GEMILANG (SBG) KALASAN YOGYAKARTA

AMID HAMDANI, NIM 02381206 (2007) TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP SISTEM PENGGAJIAN KARYAWAN DI CV. SINAR BINTANG GEMILANG (SBG) KALASAN YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP SISTEM PENGGAJIAN KARY A WAN DI CV. SINAR BINT ANG GEMILANG (SBG) KALASAN YOGYAKARTA)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (15MB) | Preview
[img] Text (TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP SISTEM PENGGAJIAN KARY A WAN DI CV. SINAR BINT ANG GEMILANG (SBG) KALASAN YOGYAKARTA)
BAB II, III. IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (11MB)

Abstract

Kerja merupakan sesuatu yang dibutuhkan oleh manusia. Kebutuhan itu bisa bermacam-macam, berkembang dan berubah, bahkan seringkali tidak disadari oleh pelakunya. Seseorang bekerja karena ada sesuatu yang hendak dicapainya, dan orang berharap bahwa aktivitas kerja yang dilakukannya akan membawa kepada suatu keadaan yang lebih memuaskan daripada keadaan sebelumnya. Permasalahan yang dihadapi adalah ketika pihak perusahaan menawarkan kerja tambahan maka sebagian karyawan menolak dengan alasan pcmbayaran gaji tidak sesuai dengan perjanjian padahal mereka akan segera membelanjakannya. Setelah penyusun teliti CV. SBG menggunakan sistem penggajian harian dan bulanan dan keterlambatan penggajian disebabkan lambatnya pcncairan dana dari PT. Eagle Glove Indonesia yang bekerjasama dengan CV. SBG tersebut, tapi walaupun demikian pihak CV. SBG selalu berusaha untuk tepat waktu dalam penggajiannya walaupun dana sementara pinjam dari pihak bank dan para karyawan pun sudah memakluminya. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan, data primer diperoleh dari wawancara langsung kepada pimpinan perusahaan dan kepada karyawannya dan juga dokumentasi CV. SBG. Selain itu penelitian ini ditunjang oleh data sekunder yang diperoleh dari beberapa literatur yang berkaitan dengan permasalahan yang ada. Penelitian ini bersifat deskriptif ana/isis, karena selain memaparkan permasalahan yang ada dalam praktek penggajian di CV. SBG, penelitian ini juga hendak menilai dan mengkaji kesesuaian antara permasalahan yang terjadi dengan prinsip-prinsip syari'at Islam, sehingga pendekatan yang digunakan adalah pendekatan normatif. Berdasarkan metode yang digunakan maka terungkap secara normatif. bahwa sistem penggajian di CV. SBG sesuai dengan hukum Islam, baik itu dari segi pelaksanaan penggajiannya, a tau pun dari hak dan kewaj iban kedua belah pihak, karena keterlambatan penggajian disebabkna lambatnya pencairan dana dari pihak PT. Eagle Glove Indonesia bukan dari pihak CV. SBG dengan kata lain dari pihak CV. SBG sudah menjalankan kewajibannya sebagaimana mestinya

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Drs.H.Kamsi,MA
Subjects: Muamalat
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Muamalah (S1)
Depositing User / Editor: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 17 Nov 2015 01:27
Last Modified: 17 Nov 2015 01:27
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/18292

Actions (login required)

View Item View Item