IMPLIKASI TEORETIS DAN PRAKTIS PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DENGAN KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN (KTSP) DI MAN YOGYAKARTA I

LAlLIYATUS SA 'DIYAH, NIM. 03420301 (2007) IMPLIKASI TEORETIS DAN PRAKTIS PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DENGAN KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN (KTSP) DI MAN YOGYAKARTA I. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (12MB) | Preview
[img] Text
BAB II, III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

lmpJikasi Teoretis dan Praktis pembelajaran Bahasa Arab dengan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) di MAN Yogyakarta 1. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pral1ik pernbelajaran haha.sa Arnh herrlasarlcan teori tentang KTSP d.1 MAN Yogyakarta r, serta "-Pa saja yang menjadi kelebiban dan kek.urangan KTSP terhadap pembelajaran bahasa Arab di MAN Yogyakarta I. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bertujuan untuk memahami fenomena sosia1 melalui gambaran bolistik. dan memperbanyak pemahaman yang mendalam, sehingga untuk membentuk p.emahaman tersebut dibutuhkan adanya kesesuaian antara teori dan praktik. Penelitian ini apabila dilihat berdasarkan tempat merupakan penelitian Japangan (field research). Sumber .data pada penelitian ini adalah Kepala Madrasah, Waka Kunlrulum, gum bah.asa Arab dan siswa kelas X MAU, XI IPA, XI IPS dan XI Bahasa. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dokumentasi dan angket. Analisis data menggunakan metode deduktif dan indukti.f Hasil penelitian menunjukkan : I) Praktik .pembelajaran baha'!a Arab berdasarkan toori tentang KTSP di MAN Yogyakarta J terdapat kesesuian yang cukup positif, hal ini dapat dibuktikan adanya kompetensi guru ketika rnelaksanakan beberapa komponen yang hams diterapkan daJam pembelajaran bahasa Arab berdasarkan teori KTSP. Komponen-komponen tersebut diantaranya adalab perencanaan, pelaksanaan scrta penilaian pembelajaran. Buk.ti kompetensi tersebut tidak hanya dinilai oleh peneliti, namun juga dibuktikan oleh siswa melalui jawaban·jawaban dari angket. Dengan demikian obyektivitas mengenai profesionalisme guru bahasa Arab MAN Yogyakarta I. telah terwujud, hal inilah yang m.enjadi cita-cita diberlakukannya KTSP. 2) Kelebihan dan kekurangan KTSP terhadap pembelajaran bahasa Arab dj MAN Yogyakarta I: kelebihannya adaJah dengan adanya KTSP guru dan siswa dituntut sama-sama aktif. KTSP juga dianggap meringankan beban guru, KTSP mampu mengangk;at potensi lokal. Kekurangannya adalah masih cUberlakukannya UAS sebagai p.enilaian yang sangat menentuk:an serta sangat mengikat, selaio itu kekurangannya adalab masih adanya sekat-sekat atau syarat·syarat yang kadang masih sa.ngat membatasi. misalnya penentuan materi pembelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. H. A. Janan Asifuddin, MA
Uncontrolled Keywords: satuan pendidikan, madrasah aliah negeri
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Edi Prasetya [edi_hoki]
Date Deposited: 17 Nov 2015 08:53
Last Modified: 17 Nov 2015 08:53
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/18303

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum