APLIKASI HUKUMAN DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI MADRASAHALIYAH NURUL UMMAH KOTAGEDE YOGYAKARTA (Perspektif Paedagogis)

MOHAMAD MllSLlM, NIM. 02421361 (2007) APLIKASI HUKUMAN DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI MADRASAHALIYAH NURUL UMMAH KOTAGEDE YOGYAKARTA (Perspektif Paedagogis). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text
BAB II, III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Mohamad Muslim. Aplikasi Hukuman Dalam Pembelajaran Bahasa Arab Di Madrasah Aliyah Nurul Ummah Kotagede Yogyakarta (Perspektif Paedagogis). Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Tarbiyah UIN Sunan Kalijaga, 2007. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan aplikasi hukuman dalam pembelajaran bahasa Arab di Madrasah Aliyah Nurul Umrnah Kotagede serta untuk mengetahui secara jelas bagaimana dampak dari penerapan hukuman bagi siswa ditinjau dari segi pendidikan. Hasil penelitian ini diharapkan akan dapat membantu para pendidik agar lebih bijak dalam menentukan hukurnan sesuai dengan etika pendidikan, khususnya dalam pembelajaran bahasa Arab. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil latar Madrasah Aliyah Nurul Ummah Kotegede Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan rnetode observasi, interview (wawancara), dokumentasi dan kuesioner (angket). Analisis data dilakukan dengan memberikan makna terhadap data yang berhasil dikwnpulkan, dan dari makna itulah ditarik sebuah keGimpulan. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Aplikasi hukurnan dalam pembelajaran bahasa Arab di Madrasah Aliayah Nurul Ummah Kotegede sudah didasari dengan ilmu pendidikan yakni dalam menerapkan hukurnan disesuaikan dengan kadar dan jenis pelanggaran siswa, terbukti dengan adanya siswa yang melanggar peraturan tindakan guru pertama kali tidak langsung diberi hukuman, tetapi diperingatkan terlebih dahulu dan kemudian baru diberi hukurnan bila sudah melan3gar sampai tiga kali. Adapun bentuk hukuman dabm pembelajaran bahasa Arab berupa pemberian tugas kepada siswa seperti menghafalkan kaidah-kaidah bahasa Arab sesuai dengan pelajaran, membuat kalimat sesuai dengan kaidah yang telah dipelajari, membaca qiro'ah dengan baik dan benar, membuat hiwar dan mempraktekkannya. (2) Dampak dari pemberian hukurnan pada siswa dalarn pembelajaran bahasa Arab banyak berakibat positif antara lain dapat mendorong siswa untuk tidak mengulangi melanggar peraturan dan aktif mengikuti kegiatan proses pembelajaran bahasa arab dengan baik, serta melatih siswa untuk bertanggungjawab. Adapun dampak nega1if dari pemberian hukuman bagi. siswa adalah siswa kurang memperhatikan guru ketika diberi hukuman (tugas) karena hukuman bagi mereka sudah merupa.bn hal yang biasa, namun guru tetap memberikan pengarahan secara terus menerus kepada siswa agar tidak mengulangi pelanggaran lagi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. H. Muallif Syahlani, M.Pd
Uncontrolled Keywords: muslim, education, pendekatan
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Edi Prasetya [edi_hoki]
Date Deposited: 17 Nov 2015 09:05
Last Modified: 17 Nov 2015 09:05
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/18307

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum