PENGARUH PENGGUNAAN METODE SIMULASI ROLE PLAYING TERHADAP HASIL PEMBELAJARAN BIOLOGI KELAS X DISMAN l BALONG PONOROGO TAHUN AJARAN 2006/2007

ANIP DWI SAPUTRO, NIM 0245 1083 (2007) PENGARUH PENGGUNAAN METODE SIMULASI ROLE PLAYING TERHADAP HASIL PEMBELAJARAN BIOLOGI KELAS X DISMAN l BALONG PONOROGO TAHUN AJARAN 2006/2007. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGAR-qH PENGGUNAAN METODE SIMULASI ROLE PLAYING TERHADAP BASIL PEMBELAJARAN BIOLOGI KELAS X DISMANlBALONGPONOROGO TAHUN AJARAN 2006/2007)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (PENGAR-qH PENGGUNAAN METODE SIMULASI ROLE PLAYING TERHADAP BASIL PEMBELAJARAN BIOLOGI KELAS X DISMANlBALONGPONOROGO TAHUN AJARAN 2006/2007)
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui pengaruh penggunaan metode simulasi role playing dan metode konvensional terbadap hasil kognitif pembelajaran biologi kelas X pada pokok bahasan aliran energi dan daur biogeokimia. (2) mengetahui tanggapan siswa terbadap penggunaan metode simulasi role playing pada pembelajaran biologi. Populasi dalam penelitian ini adalah selurub siswa kelas X SMAN 1 Balong Ponorogo tahun ajaran 2006/2007. Sampel yang digunakan untuk penelitian ini adalah siswa kelas X2 sebagai kelas kontrol, dan siswa kelas X3 sebagai kelas eksperimen. Pengambilan sampel dengan menggunakan teknik purposive sampling dan desain penelitian yang digunakan adalah pre-test post-test control group. Pengambilan data dengan metode test. dan angket. lnstrumen terlebih dahulu divalidasi untuk mengetahui kesahibannya. Analisis yang digunakan adalah deskriptif dengan persentase dan uji-t. Uji prasyarat menggunakan (1) uji normalitas diperoleb basil data berdistribusi normal, (2) uji bomogenitas diperoleb basil bahwa sampel tidak bomogen. Hasil analis data menunjukkan bahwa (1) pembelajaran dengan menggunakan metode simulasi role playing pada pokok bahasan aliran energi dan daur biogeokimia lebib mampu meningkatkan basil belajar kognitif dari pada metode konvensional pada siswa kelas X di SMAN 1 Balong Ponorogo tahun ajaran 2006/2007, ditunjukkan dengan basil uji-t yang diperoleb t-bit 4,326>t tabel dengan sig = O,OOO<a = 0,05 dan peningkatan basil post-test terbadap pre-test kelas eksperimen lebib besar dibanding kelas kontrol yakni 3,95 dan 2, 74. (2) Siswa kelas X3 SMAN 1 Balong Ponorogo tahun ajaran 2006/2007 memberikan tanggapan positif terhadap pembelajaran dengan menggunakan metode simulasi role playing sebesar 60,5%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Drs.Satino,M.Si
Uncontrolled Keywords: kogaitif, simulasi role playing, hasil belajar biologi
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Biologi (S1)
Depositing User / Editor: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 17 Nov 2015 02:16
Last Modified: 17 Nov 2015 02:16
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/18309

Actions (login required)

View Item View Item