IMPLEMENTASI KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN (KTSP) MATA PELAJARAN BAHASA ARAB DI MAN WONOKROMO BANTUL

SITI NURUL RODHIYAH, NIM. 02421299 (2007) IMPLEMENTASI KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN (KTSP) MATA PELAJARAN BAHASA ARAB DI MAN WONOKROMO BANTUL. [Artefact]

[img]
Preview
Text
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (11MB) | Preview
[img] Text
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (5MB)

Abstract

lmplementasi Kurikulwn Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) Mata Pelajaran Bahasa Arab di MAN Wonokromo Bantul, Yogyakarta: Fakultas Tarbiyah UIN.Sunan Kalijaaa, 2007. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kesiapan sekolah, guru dan siswa dalam implementasi KTSP, bagaimana proses pembelajaran Bahasa arab yang berbasis KTSP, ~ bagaimana basil penilaian pembelajaran Bahasa Arab yang berbasis KTSP. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang apabila dilihat berdasarkan tempatnya merupakan penelitian lapangan (Field Research), sumber data pada penelitian ini adalah kepala sekolah beserta staf ~ karyawannya,.. guru Babosa Arab, dan siswa kelas X MAN Wonokromo Bantul, 1lswa kelu X ~ Wonokromo Bantul yana dUadlkan eebapl 1ubjek penelitian berjumlah 173 dengan penganbilan sampel menggunakan metode pengambilan sampel Beak sistematis ( Systematic Random Sampling) yang diambil sebanyak 25% yaitu 43 siswa. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dokumentasi dan angket. Metode analisis data utama adalah metode analisis kualitatif dengan metode deduktif dan induktif serta metode kuantitatif sebagai metode pendukung untuk menghitung angket dengan rumus prosentase, dan basil perhitungan akan dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Ke_!iBpan sekolah, meliputi: a. Mempersiapkan perangkat kurikulwnm, b. Mempersiapkan sarana dan prasarana, c. Mempersiapakan keuangan, d. Mempersiapkan lingkungan. 2) Kesiapan guru, guru mempersiapkan diri dengan mengikuti pelatihan-pelatihan, dan membuat administrasi pembelajaran. 3) kesiapan siswa, siswa tidak dipersiapkan secara khusus. Untuk Proses pembelajaran Bahasa Arab berbasis KTSP kelas X MAN Wonokromo Bantul adalah guru masih menggunakan buku panduan Bahasa Arab kurikulum t 994 yang telah dimodifikasi berbasis kompetensi, dengan menggunakan metode yang telah disesuaikan dengan materi yang diajarkan, seperi pada materi Qira'ah guru menggunakan metode Qira'ah dan tarjamah dengan melibatkan siswa secara langsung untuk membaca dan menterjemahkan. Untuk materi tarlcib guru menggunakan metode ceramah yang telah dimodifikasi menjadi ceramah yang interaktif, untuk materi hiwar guru menggunakan metode praktek langsung dengan memperagakan hiwar seperti drama secara berlcelompok ataupun individual, untuk materi al-kitabah guru menggunakan metode imla' dengan menulis ulang materi qira 'ah yang telah dipelajari dengan mengganti subjeknya. Untuk media pembelajran guru hanya menggunakan media yang ada dikelas. Hasil penilaian pembelajaran Bahasa Arab kelas X MAN Wonokromo Bantul menggunakan penilaian berbasis kelas yang mencakup tiga ranah pembelajaran yaitu: kogniti( afektif. dan psikomotorik, yang dilakukan dengan cara tes ataupun non tes.

Item Type: Artefact
Additional Information / Pembimbing: DR. H. A. Janan A, MA
Uncontrolled Keywords: pndidikan, kurikulum
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User / Editor: Edi Prasetya [edi_hoki]
Date Deposited: 17 Nov 2015 09:55
Last Modified: 17 Nov 2015 09:55
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/18317

Actions (login required)

View Item View Item