PENGARUH WAKTU DAN MEDIA PEMERAMAN TERHADAP KADAR GLUKOSA PADA KULIT BUAH PISANG KEPOK KUNING (MUSA BALBISIANA) SEBAGAI ALTERNATIF SUMBER BELAJAR KIMIA DISMA/MA

AMINAH SUSILAWATI, NIM. 01440712 (2007) PENGARUH WAKTU DAN MEDIA PEMERAMAN TERHADAP KADAR GLUKOSA PADA KULIT BUAH PISANG KEPOK KUNING (MUSA BALBISIANA) SEBAGAI ALTERNATIF SUMBER BELAJAR KIMIA DISMA/MA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH WAKTU DAN MEDIA PEMERAMAN TERHADAP KADAR GLUKOSA PADA KULIT BUAH PISANG KEPOK KUNING (MUSA BALBISIANA) SEBAGAI ALTERNATIF SUMBER BELAJAR KIMIA DISMA/MA)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (8MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH WAKTU DAN MEDIA PEMERAMAN TERHADAP KADAR GLUKOSA PADA KULIT BUAH PISANG KEPOK KUNING (MUSA BALBISIANA) SEBAGAI ALTERNATIF SUMBER BELAJAR KIMIA DISMA/MA)
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh waktu dan media pemeraman terhadap kadar glukosa pada kulit buah pisang Kepok kuning (Musa balbisiana). Proses dan hasil penelitian diharapkan dapat diterapkan dan dimanfaatkan sebagai sumber belajar kimia di SMA/MA. Populasi dalam penelitian ini adalah kulit buah pisang Kepok kuning dan sebagai sampelnya adalah kulit buah pisang Kepok Kuning yang berasal dari Desa Srandakan, Kabupaten Bantu!. Penelitian ini di awali dengan analisis kualitatif dengan uji Molis dan uji Barfoed, selanjutnya dilakukan uji kuantitatif. Metode yang digunakan adalah Spektrofotometri Sinar Tampak. Penentuan kadar glukosa dilakukan adalah pereaksi Arsenomolibdat yang memberikan wama biru. Analisis data dilakukan dengan uji ANA V A-AB, dan jika uji tersebut menunjukkan perbedaan yang nyata maka dilakukan dengan uji DMRT (Duncan Multiple Range Test). Kadar glukosa pada kulit buah pisang Kepok kuning pada variasi waktu 48, 72, 96, 120, 144, dan 168 jam pada pemeraman dengan daun Gamal berturut-turut adalah 2,725; 2,965; 2,993; 3,102; 4,295; dan 3,565 b/v. Sedangkan untuk pemeraman dengan karbid kadar glukosa berturut-turut adalah 2,21 0; 2,257; 2,536; 3, 714; 5, 037; dan 4,374 b/v. Setelah dianaHsis dengan ANAVA-AB, pada taraf signifikansi 5 % diperoleh kesimpulan bahwa harga F hitung > F tabel. Hal ini menunjukkan bahwa variasi waktu pemeraman dan media pemeranian memberikan pengaruh nyata terhadap perolehan kadar glukosa. Mengacu kepada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan, maka hasil penelitian ini dapat dijadikan sumber belajar kimia di SMA/MA, kelas XII semester 2 pada materi pokok Makromolekul.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Susy Yunita P,M.Si
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Kulit buah pisang Kepok kuning, Glukosa, Daun gamal, Karbid, Metode Spektrofotometri Sinar Tampak (UV-Vis).
Subjects: Pendidikan Kimia
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Tadris - Biologi, B. Inggris, Kimia, Matematika, Fisika (S1)
Depositing User / Editor: Miftahul Ulum [IT Staff] ---- youtube : ulum virgo -------- Facebook : digilibuin
Date Deposited: 18 Nov 2015 03:15
Last Modified: 18 Nov 2015 03:15
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/18320

Actions (login required)

View Item View Item