ANALISA TERBADAP PENYELENGGARAAN MANAJEMEN KURIKULUM BERBASIS SEKOLAH (MKBS) DALAM KAITANNYA DENGAN KUALITAS PEMBELAJARAN FISIKA PADA MADRASAH ALIYAH- MADRASAH ALLYAH FAVORIT DI JEPARA

AHMAD SYAMSUL ARIFIN, NIM. 01460953 (2007) ANALISA TERBADAP PENYELENGGARAAN MANAJEMEN KURIKULUM BERBASIS SEKOLAH (MKBS) DALAM KAITANNYA DENGAN KUALITAS PEMBELAJARAN FISIKA PADA MADRASAH ALIYAH- MADRASAH ALLYAH FAVORIT DI JEPARA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (ANALISA TERBADAP PENYELENGGARAAN MANAJEMEN KURIKULUM BERBASIS SEKOLAH (MKBS) DALAM KAITANNYA DENGAN KUALITAS PEMBELAJARAN FISIKA PADA MADRASAH ALIYAH- MADRASAH ALLYAH FAVORIT DI JEPARA)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (ANALISA TERBADAP PENYELENGGARAAN MANAJEMEN KURIKULUM BERBASIS SEKOLAH (MKBS) DALAM KAITANNYA DENGAN KUALITAS PEMBELAJARAN FISIKA PADA MADRASAH ALIYAH- MADRASAH ALLYAH FAVORIT DI JEPARA)
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penyelenggaraan manajemen kurikulum bebasis sekolah pada Madrasah Aliyah-Madrasah Aliyah favorit di Jepara dengan berdasarkan pada persepsi peserta didiknya, serta untuk mengetahui korelasi penyelenggaraan manajemen kurikulum berbasis sekolah tersebut dengan kualitas belajar fisika mereka. Hasil penelitian ini diharapkan dapat digunakan sebagai bahan kajian dan evaluasi para stake holder dalam penyelenggaraan manajemen kurikulum yang lebih baik, sebagai upaya untuk menjamin mutu pendidikan secara menyeluruh ( total quality), serta menciptakan proses perbaikan yang berkesinarnbungan ( continous improvement) bagi peningkatan kualitas pendidikan secara menyeluruh, khususnya pendidikan fisika di Indonesia . Penelitian ini menggunakan metode analisa deskriptif-kuantitatif, yaitu suatu analisa deskriptif data statistik dan hasilnya digambarkan dengan kata-kata menurut kategori untuk memperoleh kesimpulan. Sedangkan jenis penelitian ini aJalah pt:nclitian korelasional, dengan metode one shot case study. Teknik dalam pengambilan sarnpel pada penelitian ini adalah dengan teknik three stage cluster sampling, sehingga didapatkan sampel untuk penelitian ini adalah sebanyak 80 orang responden dari kelas X tahun a_iaran 2005/2006 dari dua madrasah Aliyah favorit di Jepara yaitu: MA. Daru11Tium dan MAN I Bawu. Metode pcngumpulan data dalam penelitian ini melalui tes prestasi dan angket. Data yang terkumpul kemudian di analisa melalui statistika deskriptif, dan kemudian ditentukan kore!asi antar variabelnya sebagai upaya untuk mendapatkan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan beberapa hal, yaitu: 1) Sebagian besar peserta didik (96,25%) memiliki persepsi positif terhadap aspek pengembangan program pembelajaran secara keseluruhan dari penyelenggaraan MKBS. 2) pada Aspek Pelaksanaan pembelajaran secara keseluruhan, sebagian besar peserta didik (88,75%) memiliki persepsi yang positif atas pelaksanaannya. 3) pada aspek Pelaksanaan evaluasi pembelajaran secara keseluruhan sebagian besar peserta didik (73,75%) meruiliki persepsi yang positif atas pelaksanaannya. 4) Berdasarkan hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penyelenggaraan :MKBS pada Madrasah Aliyah - Madrasah Aliyah favorit di Jepara dengan berdasar atas persepsi para peserta didik sudah berjalan dengan efektif terlebih jika dikorelasikan dengan kualitas belajar fisika para peserta didiknya, serta terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara persepsi peserta didik terhadap penyelenggaraan MKBS dengan motivasi belajar fisika mereka sebesar r = 0,64884, aktivitas dan kreatifitas selama proses pembelajaran fisika mereka sebesar r = 0,63842, dan dengan prestasi belajar fisika mereka sebesar r - 0,665545 serta kualitas belajar secara keseluruhan sebesar r = 0,74410.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Warsono M.Si
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: persepsi, manajemen, kurikulum, kualitas.
Subjects: Pendidikan Fisika
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Tadris - Biologi, B. Inggris, Kimia, Matematika, Fisika (S1)
Depositing User / Editor: Miftahul Ulum [IT Staff] ---- youtube : ulum virgo -------- Facebook : digilibuin
Date Deposited: 17 Nov 2015 10:22
Last Modified: 17 Nov 2015 10:22
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/18327

Actions (login required)

View Item View Item