PENGARUH PENAMBAHAN ASAM CUKA TERHADAP KADAR GULA REDUKSI MADU (PEMBUKTIAN SAINS DALAM HADITS NABI MUHAMMAD SAW)

FANI ARINTO, NIM. 02441195 (2007) PENGARUH PENAMBAHAN ASAM CUKA TERHADAP KADAR GULA REDUKSI MADU (PEMBUKTIAN SAINS DALAM HADITS NABI MUHAMMAD SAW). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH PENAMBAHAN ASAM CUKA TERHADAP KADAR GULA REDUKSI MADU (PEMBUKTIAN SAINS DALAM HADITS NABI MUHAMMAD SAW))
BAB I, V DAN DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH PENAMBAHAN ASAM CUKA TERHADAP KADAR GULA REDUKSI MADU (PEMBUKTIAN SAINS DALAM HADITS NABI MUHAMMAD SAW))
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penambahan asam cuka terhadap kadar gula reduksi madu dan untuk mengetahui kebenaran sains dalam Hadits Nabi SAW tentang "cuka merusak madu" secara kimiawi. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen, sebagai populasi yaitu madu hutan yang banyak beredar di pasaran DIY. Sampel penelitian ini adalah madu hutan tropis merk Flora 100 mi. Teknik: pengambilan sampeJ diJakukan secara acak yaitu membeli madu hutan tropis merk Flora di minimarket Indomaret Jl. Timoho, Y ogyakarta. V ariabel bebas penelitian adalah variasi penambahan asam cuka 0 ml, 10 ml, 20 ml, 30 m1 dan 40 ml, dan variabel terikat adalah kadar gula reduksi madu. Analisis kimia yang dilakukan adalah analisis kualitatifterhadap gula reduksi dengan uji Fehling dan analisis kuantitatif dengan metode Nelson-Somogyi. Penelitian dilakukan dengan empat kali pengulangan. Data yang diperoleh dianalisis dengan uji Anava A pada taraf signifikansi 5%. Sedangkan untuk analisis Hadits adalah studi kritik matan dengan pendekatan sainstifik, digunakan metode Deslcriptif-Analitik dengan studi kepustakaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya perbedaan kadar gula reduksi pada setiap perlakuan. Penambahan asam cuka 0 ml, 10 ml, 20 ml, 30 m1 dan 40 m1 didapat kadar gula reduksi berturut-turut 89,55 %, 83,21 %, 74,23 %, 71,22% dan 55,45 %. Dari basil uji Anava A (Fhitung > Fblbel) menunjukan bahwa adanya pengaruh penambahan asam cuka terhadap kadar gu1a reduksi madu. Dari analisis kimia terebut dapat diketahui bahwa sains dalam Hadits Nabi SAW tentang "cuka merusak madu" terbukti benar secara kimiawi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Susy Yunita Prabawati,M.Si
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: madu, culca, gula reduksi, Hadits
Subjects: Pendidikan Kimia
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Tadris - Biologi, B. Inggris, Kimia, Matematika, Fisika (S1)
Depositing User / Editor: Miftahul Ulum [IT Staff] ---- youtube : ulum virgo -------- Facebook : digilibuin
Date Deposited: 18 Nov 2015 10:18
Last Modified: 18 Nov 2015 10:18
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/18331

Actions (login required)

View Item View Item