PEMBELAJARAN BIOLOGI DENGAN PENDEKATAN SALINGTEMAS (SAINS, LINGKUNGAN, TEKNOLOGI, DAN MASYARAKAT) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII MTs WAHID HASYIM SLEMAN

ANlF YUNI MUALLIFAH, NIM. 02451358 (2007) PEMBELAJARAN BIOLOGI DENGAN PENDEKATAN SALINGTEMAS (SAINS, LINGKUNGAN, TEKNOLOGI, DAN MASYARAKAT) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII MTs WAHID HASYIM SLEMAN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PEMBELAJARAN BIOLOGI DENGAN PENDEKATAN SALINGTEMAS (SAINS, LINGKUNGAN, TEKNOLOGI, DAN MASYARAKAT) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII MTs WAHID HASYIM SLEMAN)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PEMBELAJARAN BIOLOGI DENGAN PENDEKATAN SALINGTEMAS (SAINS, LINGKUNGAN, TEKNOLOGI, DAN MASYARAKAT) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII MTs WAHID HASYIM SLEMAN)
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar ranah kognitif dan ranah afektif siswa dalam proses pembelajaran biologi dengan pendekatan salingtemas (sains, lingkungan, teknologi, dan masyarakat) beserta faktor pendukung dan penghambat dalam proses pembelajarannya. Topik pada proses pembelajaran mengacu pada konsep Sistem Pencemaan dengan subkonsep zat-zat makanan dan fungsinya serta bahan aditif makanaan dan pengaruhnya bagi kesehatan. Objek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTs Wahid Hasyim Sleman tahun ajaran 2006/ 2007. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan memberikan tindakan pada objek penelitian dalam dua siklus. Kegiatan pembelajaran dilakukan melalui observasi lapangan menggunakan lembar kerja siswa (LKS) dan dilanjutkan dengan kegiatan diskusi. Pengumpulan data diperoleh melalui hasil pre test dan post test siswa serta hasil pengamatan pada sikap siswa saat melakukan pengamatan di lapangan dan saat berdiskusi. Hasil penelitian memmjukkan bahwa hasil belajar ranah kognitif dari siklus I ke siklus II mengalami peningkatan dan hasil belajar ranah afektif dari siklus I ke siklus II juga mengalami peningkatan. Sedangkan faktor pendukungnya adalah adanya instrumen pembelajaran berupa LKS sehingga proses pembelajaran lebih terarah dan lingkungan sekolah yang dapat dijadikan sumber belajar. Kemudian faktor penghambatnya adalah bahwa proses pembelajaran dengan pendekatan salingtemas membutuhkan waktu banyak, kurangnya sarana dan prasarana, dan membutuhkan persiapan yang lebih dan wawasan yang luas dengan mengikuti isu-isu dan permasalahan yang sedang terjadi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Dra. Siti Mariyam, M.Kes
Uncontrolled Keywords: Pendekatan Sains, Lingkungan, Teknologi, dan Masyarakat Hasil Belajar
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Biologi (S1)
Depositing User / Editor: S.kom Fatchul Hijrih
Date Deposited: 17 Nov 2015 03:43
Last Modified: 17 Nov 2015 03:43
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/18332

Actions (login required)

View Item View Item