PEMODELAN FISIS SKALA LAPANGAN METODE POLARISASI TERINDUKSI DALAM KAWASAN WAKTU (TIME DOMAIN INDUCED POLARIZATION/TDIP

ARY HIDAYATULLAH, NIM 10620010 (2015) PEMODELAN FISIS SKALA LAPANGAN METODE POLARISASI TERINDUKSI DALAM KAWASAN WAKTU (TIME DOMAIN INDUCED POLARIZATION/TDIP. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PEMODELAN FISIS SKALA LAPANGAN METODE POLARISASI TERINDUKSI DALAM KAWASAN WAKTU (TIME DOMAIN INDUCED POLARIZATION/TDIP)
BAB I,V,DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (PEMODELAN FISIS SKALA LAPANGAN METODE POLARISASI TERINDUKSI DALAM KAWASAN WAKTU (TIME DOMAIN INDUCED POLARIZATION/TDIP)
BAB II,III,IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian pemodelan fisis skala lapangan metode polarisasi terinduksi dalam kawasan waktu (Time Domain Induced Polarization/TDIP) dilakukan untuk mengetahui respon TDIP terhadap kondisi bawah permukaan yang sudah diketahui dan membandingkan konfigurasi Dipole-dipole dengan Wenner. Pen elitian dilakukan dengan 6 model subsurface, pengukuran menggunakan alat Syscal JR dengan konfigurasi Dipole-dipole dan Wenner. Jarak antar elektroda untuk konfigurasi Dipole-dipole a=10 cm dengan n=1 s/d n=8, dan Wenner a=10 cm dengan n=1 s/d n=6. Panjang lintasan 200 cm untuk semua model ukur. Pengolahan data dilakukan menggunakan software RES2DINV 3.54. Hasil yang di dapatkan berupa sayatan 2D resistivitas dan chargeabilitas. Intepretasi serta analisanya mengacu model subsurface yang sudah diketahui. Model homogen, respon resistivitas tidak menunjukan kehomogenan, untuk respon chargeabilitas menunjukan kehomogenan sesuai model subsurface. Model satu bola pejal dan dua bola pejal, respon resistivitas tidak menunjukan adanya model tersebut, untuk respon chargeabilitas cukup baik dan menunjukan adanya model tersebut. Model bola isolator dan parit, respon resistivitas baik dan menunjukan adanya model tersebut. Konfigurasi Dipole mempunyai resolusi lateral lebih baik dan konfigurasi Wenner mempunyai depth penetration yang lebih dalam.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Muhammad Faizal Zakaria,M.T
Uncontrolled Keywords: Pemodelan Fisis, TDIP, Dipole-dipole, Wenner
Subjects: Fisika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Fisika (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 17 Nov 2015 14:08
Last Modified: 17 Nov 2015 14:08
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/18342

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum