EKSPLORASI MINERAL MANGAN MENGGUNAKAN METODE POLARISASI TERINDUKSI DI DAERAH KASIHAN, KECAMATAN TEGALOMBO, KABUPATEN PACITAN

SYAIFUL BAHRI, NIM 11620021 (2015) EKSPLORASI MINERAL MANGAN MENGGUNAKAN METODE POLARISASI TERINDUKSI DI DAERAH KASIHAN, KECAMATAN TEGALOMBO, KABUPATEN PACITAN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (EKSPLORASI MINERAL MANGAN MENGGUNAKAN METODE POLARISASI TERINDUKSI DI DAERAH KASIHAN, KECAMATAN TEGALOMBO, KABUPATEN PACITAN)
BAB I,V,DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (EKSPLORASI MINERAL MANGAN MENGGUNAKAN METODE POLARISASI TERINDUKSI DI DAERAH KASIHAN, KECAMATAN TEGALOMBO, KABUPATEN PACITAN)
BAB II,III,IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian eksplorasi mineral mangan menggunakan metode Polarisasi Terinduksi (IP) telah dilakukan di daerah Kasihan, Kecamatan Tegalombo, Kabupaten Pacitan. Penelitian bertujuan untuk mengetahui kondisi bawah permukaan yang didasari sifat kelistrikan, mengetahui sebaran mineral mangan, dan estimasi sumber daya mineral mangan. Pengukuran IP dilakukan pada kawasan waktu menggunakan konfigurasi Dipole-dipole. Pengukuran ini dilakukan dengan 5 lintasan, dengan spasi antar elektroda (10-20) meter, sepanjang (200-300) meter. Alat yang digunakan adalah Syscal Jr Switch-48. Software yang digunakan adalah Global Mapper13, Surfer10, Res2dinv3.54, dan Rockwork15. Hasil penelitian didapatkan penampang 2D yang mengindikasikan kondisi bawah permukaan daerah penelitian yang didasari sifat kelistrikan yaitu satuan lapisan penutup (soil) dan endapan batupasir dengan nilai resistivitas (5-50) Ohm-meter, breksi vulkanik dengan nilai resistivitas (50-100) Ohm-meter, satuan dasit dan andesit dengan resistivitas (100- 500) Ohm-meter, dan nilai resistivitas (500-1400) Ohm-meter merupakan satuan intrusi. Penyebaran mineral mangan didaerah penelitian adalah nilai resistivitas (100- 1400) Ohm-meter dan Chargeabilitas (25-110) msec. Cut off nilai tersebut digunakan untuk pembuatan model 3D. Estimasi sumber daya mineral mangan sebesar 151200 ton.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Muhammad Faizal Zakaria, S.Si.,M.T
Uncontrolled Keywords: Chargeabilitas, Mangan, Polarisasi Terinduksi, Resistivitas.
Subjects: Fisika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Fisika (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 17 Nov 2015 14:47
Last Modified: 17 Nov 2015 14:47
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/18348

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum