ANALISIS DATA MIKROSEISMIK DAERAH CALON TAPAK PLTN DI KAWASAN MURIA UNTUK KELAYAKAN DAN KESELAMATAN RENCANA PUSAT LISTRIK REAKTOR DAYA

M.DLORIFUN NAQIYYUN, NIM 11620033 (2015) ANALISIS DATA MIKROSEISMIK DAERAH CALON TAPAK PLTN DI KAWASAN MURIA UNTUK KELAYAKAN DAN KESELAMATAN RENCANA PUSAT LISTRIK REAKTOR DAYA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (ANALISIS DATA MIKROSEISMIK DAERAH CALON TAPAK PLTN DI KAWASAN MURIA UNTUK KELAYAKAN DAN KESELAMATAN RENCANA PUSAT LISTRIK REAKTOR DAYA)
BAB I,V,DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (7MB) | Preview
[img] Text (ANALISIS DATA MIKROSEISMIK DAERAH CALON TAPAK PLTN DI KAWASAN MURIA UNTUK KELAYAKAN DAN KESELAMATAN RENCANA PUSAT LISTRIK REAKTOR DAYA)
BAB II,III,IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian berupa analisis data rekaman mikroseismik stasiun pemantauan gempa mikro milik BATAN, Jawa Tengah telah selesai dilakukan. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi dan mengetahui karakter tanah daerah penelitian berdasarkan hasil olahan data rekaman mikroseismik yang meliputi nilai sebaran frekuensi dominan tanah, faktor amplifikasi, ketebalan lapisan lapuk, indeks kerentanan seismik dan Peak Ground Acceleration (PGA). Karakter tanah daerah penelitian digunakan untuk memilih lokasi teraman sebagai lokasi tapak reaktor daya. Data rekaman mikroseismik diolah dengan menggunakan teknik pengolahan data HVSR (Horizontal to Vertical Spectral Ratio), sedangkan nilai Peak Ground Acceleration (PGA) didapatkan dari perhitungan matematis dengan menggunakan persamaan empiris Iwasaki. Berdasarkan hasil yang diperoleh, karakter tanah daerah penelitian memiliki sebaran frekuensi dominan tanah sebesar 3,625 s/d 9,668 Hz, faktor amplifikasi sebesar 1,105 s/d 4,418, ketebalan lapisan lapuk sebesar 10,043 s/d 40,829 meter, indeks kerentanan seismik (54 s/d 290) x 10-6 s2/m dan nilai percepatan getaran tanah maksimum sebesar 10,3 s/d 27,5 gal, dengan lokasi teraman berada dibagian utara daerah penelitian, yaitu di sekitar stasiun pemantauan Karanggondang (JRW) hingga stasiun pengamatan Ujung Watu (UJW) yang berada pada daerah administrasi kabupaten Jepara, Jawa Tengah

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Muhammad Faizal Zakaria, S.Si., M.T
Uncontrolled Keywords: Tapak, PGA, PLTN, HVSR, Mikroseismik
Subjects: Fisika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Fisika (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 17 Nov 2015 14:51
Last Modified: 17 Nov 2015 14:52
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/18349

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum