PEWARNAAN SISI DAN TITIK MENGGUNAKAN ALGORITMA WELCH-POWELL UNTUK PENJADWALAN MATA KULIAH DAN UJIAN DI JURUSAN PERBANDINGAN MADZHAB FAKULTAS SYARI’AH UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA

WAHYUNI SETYOWATI, NIM 08610041 (2015) PEWARNAAN SISI DAN TITIK MENGGUNAKAN ALGORITMA WELCH-POWELL UNTUK PENJADWALAN MATA KULIAH DAN UJIAN DI JURUSAN PERBANDINGAN MADZHAB FAKULTAS SYARI’AH UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PEWARNAAN SISI DAN TITIK MENGGUNAKAN ALGORITMA WELCH-POWELL UNTUK PENJADWALAN MATA KULIAH DAN UJIAN DI JURUSAN PERBANDINGAN MADZHAB FAKULTAS SYARI’AH UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA)
BAB I,DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PEWARNAAN SISI DAN TITIK MENGGUNAKAN ALGORITMA WELCH-POWELL UNTUK PENJADWALAN MATA KULIAH DAN UJIAN DI JURUSAN PERBANDINGAN MADZHAB FAKULTAS SYARI’AH UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA)
BAB II,III,IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Teori graf adalah suatu diagram yang memuat informasi tertentu jika diinterpretasikan secara tepat. Dalam kehidupan sehari-hari graf digunakan untuk menggambarkan berbagai macam struktur yang ada. Tujuannya adalah sebagai objek-objek agar lebih mudah dimengerti. Dalam pewarnaan graf harus memperhatikan beberapa komponen-komponen penting yang sangat berhubungan erat dengan penjadwalan mata kuliah antara lain banyaknya ruangan, banyaknya kelas, banyaknya mata kuliah. Pewarnaan graf dalam penjadwalan mata kuliah di Jurusan Perbandingan Madzhab Fakultas Syari’ah Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta yaitu pewarnaan antara banyaknya tingkatan semester, banyak hari, dan banyaknya ruang mata kuliah dalam satu minggu yaitu Senin, Selasa, Rabu, Kamis, Jum’at dan Sabtu. Pewarnaan graf dalam penjadwalan mata kuliah ini hanya pada pewarnaan sisi dan titik. Pewarnaa sisi-k untuk G adalah pemberian k warna pada sisi-sisi G sedemikian hingga setiap dua sisi yang bertemu pada titik yang sama mendapatkan warna berbeda. Kemudian dicari bilangan kromatiknya, yaitu banyaknya warna minimum yang dapat digunakan untuk mewarnai sisi. Setelah diperoleh hasil dari pewarnaan sisi, memperoleh hasil penjadwalan mata kuliah dan penjadwalan ujian menghasilkan bilangan kromatik tersebut adalah dua. Oleh karena itu titik pada graf tersebut diwarnai dua macam warna yang menunjukkan bahwa ujian kelima mata kuliah tersebut dapat dilaksanakan hanya pada dua waktu saja.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Muhammad Abrori, S.Si, M.Kom
Uncontrolled Keywords: Teori graf, Pewarnaan Graf, Penjadwalan
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Matematika (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 18 Nov 2015 08:30
Last Modified: 18 Nov 2015 08:30
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/18358

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum