PENERAPAN METODE RESITASI DALAM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SISWA KELAS XI SMA NEGERI 8 YOGYAKARTA

ROSIDAH, NIM.03410187 (2007) PENERAPAN METODE RESITASI DALAM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SISWA KELAS XI SMA NEGERI 8 YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENERAPAN METODE RESITASI DALAM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SISWA KELAS XI SMA NEGERI 8 YOGYAKARTA)
BAB I, IV DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (PENERAPAN METODE RESITASI DALAM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SISWA KELAS XI SMA NEGERI 8 YOGYAKARTA)
BAB II, III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis tentang penerapan metode resitasi dalam Pendidikan Agama Islam siswa kelas XI SMA Negeri 8 Y ogyakarta dan problem yang dihadapi siswa dalam proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam serta usaha yang dilakukan guru Pendidikan Agama Islam dalam mengatasi problem tersebut. Hasil penelitian ini diharapkan akan dapat dipergunakan dalam penyempurnaan penerapan metode resitasi dalam pendidikan Agama Islam siswa kelas XI tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil latar belakang di SMA Negeri 8 Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan memberikan makna terhadap data yang berhasil dikumpulkan, dan dari data tersebut ditarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Penggunaan metode resitasi dalam Pendidikan Agama Islam siswa kelas XI SMA Negeri 8 Y ogyakarta bertujuan untuk melatih siswa agar terbiasa belajar mandiri dan berlatih menyelesaikan segala permasalahan dari materi yang telah dipelajarinya serta meningkatkan kedisiplinan siswa dalam mempelajari materi-materi yang telah diajarkan oleh guru di sekolah. (2) Problem yang dihadapi dalam pelaksanaan metode resitasi dalam Pendidikan Agama Islam siswa kelas XI SMA Negeri 8 Y ogyakarta an tara lain: (a) Guru agama merasa kesulitan dalam mengaplikasikan antara rumusan tujuan yang telah ada dengan kondisi riil peserta didik (b) Masih ada peserta didik yang tidak tanggap terhadap tugas-tugas yang diberikan guru. (c) Penerapan metode resitasi terkadang kurang maksimal karena kondisi kelas yang tidak kondusif (3) Solusi yang diupayakan guru agama antara lain: (a) meningkatkan profesionalisme guru Pendidikan Agama Islam dalam memilih, menentukan dan memvariasikan metode resitasi dalam Pendidikan Agama Islam (b) memberikan waktu luang kepada peserta didik untuk meredakan rasa lelahnya dengan tidak mengikuti proses pembelajaran kurang lebih 1 0 menit berada di luar kelas (c) Dalam memberikan penilaian terhadap tugas yang diberikan kepada siswa tergantung dari evaluasi proses pembelajaran dan hasil penilaian tugas yang diberikan guru.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Suwadi, S.Ag, M.Ag,
Uncontrolled Keywords: Penerapan Metode Resitasi, Pendidikan Agama Islam
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 18 Nov 2015 09:13
Last Modified: 18 Nov 2015 09:13
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/18363

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum