KONSEP INTELEKTUAL MUSLIM DALAM KHITTAH PERJUANGAN HIMPUNAN MAHASISWA ISLAM MAJELIS PENYELAMAT ORGANISASI ( HMI-MPO) DAN RELEVANSINYA DENGAN TUJUAN PENDIDIKAN ISLAM

SAIFUDIN, NIM. 02411105 (2007) KONSEP INTELEKTUAL MUSLIM DALAM KHITTAH PERJUANGAN HIMPUNAN MAHASISWA ISLAM MAJELIS PENYELAMAT ORGANISASI ( HMI-MPO) DAN RELEVANSINYA DENGAN TUJUAN PENDIDIKAN ISLAM. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (KONSEP INTELEKTUAL MUSLIM DALAM KHITTAH PERJUANGAN HIMPUNAN MAHASISWA ISLAM MAJELIS PENYELAMAT ORGANISASI ( HMI-MPO) DAN RELEVANSINYA DENGAN TUJUAN PENDIDIKAN ISLAM)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (78MB) | Preview
[img] Text (KONSEP INTELEKTUAL MUSLIM DALAM KHITTAH PERJUANGAN HIMPUNAN MAHASISWA ISLAM MAJELIS PENYELAMAT ORGANISASI ( HMI-MPO) DAN RELEVANSINYA DENGAN TUJUAN PENDIDIKAN ISLAM)
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (171MB)

Abstract

Skripsi ini bertujuan untuk mendiskripsikan dan menganalisis secara kritis tentang Konsep Intelektual Muslim yang ada dalam Khittah Perjuangan Himpunan mahasiswa Islam (MPO) serta bagaimana relevansinya dengan tujuan Pendidikan Islam. Dengan basil penelitian ini diharapkan dapat memberikan kont.ribusi berarti bagi pengembangan Pendidikan Islam, minimal memberikan perspektifbaru mengenai konsep dasar (tujuan) pendidikan Islam. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan data yang berasal dari sumber literer (library reseach), yaitu kajian leteratur melalui reseach kepustakaan, adapun sumber data berupa dokumentasi berbentuk buku terutama Khittah Perjuangan HMI-MPO 2006 dan beberapa buku yang mengkaji organisasi HMI serta beberapa buku yang terkait dengannya, sedangkan untuk memperkuat data dilakukan konfirmasi langsung kepada pelaku dengan model Wawancara Pembicaraan Informal. Adapun pendekatan yang digunakan adalah pendekatan inquiri filosofis historis dengan analisis isi (content analysis), yaitu teknik yang digunakan untuk menarik kesimpulan melalui usaha menemukan karakteristik pesan yang dilakukan secara sistematis dan obyektif. Hasil penelitian menunjukkan: Khittah Perjuangan sebagai visi ideologis Himpunan Mahasiswa Islam (MPO) memiliki konsep Intelektual Muslim yang digambarkan sebagai manusia-manusia yang memiliki kualitas Ulul albab. Karakteristik yang spesifik yang dipahami HMI dari seorang Ulul albab adalah adanya pemahaman akan ajaran Islam secara komprehensif dan sebagai paradigma yang menjadi landasan dalam kehidupannya. Kualitas diri berupa taqwa kepada Allah SWT, bersungguh-sungguh mencari ilmu, tekun beribadah selalu bertafakur terhadap penciptaan Allah yang ada di langit dan di bumi mengambil pelajaran dari sejarah dan wahyu yang diturunkan Allah, mampu mengambil hikmah dari anugrah, kritis mencermati berbagai pendapat, mampu memilih yang benar dan terbaik; tegas dalam mengambil sikap dan pemihakan atas pilihannya tidak terpesona atas pandangan mayoritas yang menyesatkan berdakwah di dalam masyarakat, serta kepeduliannya pada permasalahan umat sehingga lntelektual Muslim adalah mereka yang turut bertanggung jawab terhadap terbentuknya tatanan masyarakat yang diridhoi Allah SWT. Gambaran Intelektual Muslim HMI ini relevan dengan Pendidikan Islam, karena pada dasarnya tujuan pendidikan Islam adalah terbentuknya kepribadian muslim yang paham secara mendalam akan ajaran Islam (memiliki kompetensi personal), peduli pada kehidupan sosial, dan memiliki kompetensi profesional. Semuanya dimaksudkan untuk mengemban tugas sebagai khalifah dan juga hamba Allah dimuka bumi ini, dan hal ini merupakan karakteristik yang sudah ada dalam diri Intelektual Muslim (ulul albab).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. H. Abd. Shomad, MA.
Uncontrolled Keywords: Konsep Intelektual Muslim,Khittah Perjuangan Himpunan Mahasiswa Islam (MPO)
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 18 Nov 2015 10:13
Last Modified: 18 Nov 2015 10:13
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/18365

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum