STUDI KOMPARASI ANTARA PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SUB POKOK BAHASAN VOLUME BANGUN RUANG YANG DISAJIKAN DENGAN METODE PEMBELAJARAN EKSPOSITORI DAN METODE PEMBELAJARAN DENGAN MENGGUNAKAN ALAT PERAGA PADA SISWA KELAS III MTS MA' ARIF NU I KEBASEN TAHUN PELAJARAN 2004/2005

ZIDNI ROSYADI, NIM. 99434238 (2007) STUDI KOMPARASI ANTARA PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SUB POKOK BAHASAN VOLUME BANGUN RUANG YANG DISAJIKAN DENGAN METODE PEMBELAJARAN EKSPOSITORI DAN METODE PEMBELAJARAN DENGAN MENGGUNAKAN ALAT PERAGA PADA SISWA KELAS III MTS MA' ARIF NU I KEBASEN TAHUN PELAJARAN 2004/2005. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (STUDI KOMPARASI ANTARA PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SUB POKOK BAHASAN VOLUME BANGUN RUANG YANG DISAJIKAN DENGAN METODE PEMBELAJARAN EKSPOSITORI DAN METODE PEMBELAJARAN DENGAN MENGGUNAKAN ALAT PERAGA PADA SISWA KELAS III MTS MA' ARIF NU I KEBASEN TAHUN PELA)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (9MB) | Preview
[img] Text (STUDI KOMPARASI ANTARA PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SUB POKOK BAHASAN VOLUME BANGUN RUANG YANG DISAJIKAN DENGAN METODE PEMBELAJARAN EKSPOSITORI DAN METODE PEMBELAJARAN DENGAN MENGGUNAKAN ALAT PERAGA PADA SISWA KELAS III MTS MA' ARIF NU I KEBASEN TAHUN PELA)
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui prestasi belajar matematika pacta pembelajaran yang disajikan dengan metode pembelajaran ekspositori dan metode pembelajaran yang disajikan dengan menggunakan alat peraga serta menentukan model pembelajaran yang lebih baik dari keduanya untuk digunakan dalam pembelajaran matematika pada sub pokok bahasan volume bangun ruang siswa kelas III Populasi adalah siswa kelas III MTs Ma'arif NU I Kebasen tahun pelajaran 2004/2005 berjumlah 160 siswa. Sampel penelitian adalah kelas III A dan III C yang berjumlah 80 siswa yang diambil dengan tehnik cluster random sampling. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen dengan kelompok eksperimen yaitu kelas III A yang diberi perlakuan pembelajaran dengan menggunakan alat peraga dan kelompok kontrol yaitu kelas III C yang diberi perlakuan pembelajaran dengan metode ekspositori. Tehnik pengumpulan data pacta penelitian adalah tes yang berupa pretes dan postes. Anal isis data yang digunakan adalah anal isis deskriptif dan analisis uji t yang digunakan untuk menguji perbedaan rata-rata gain (selisih pretes dan postes) skor kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Hasil penelitian menunjukkan : 1. Prestasi belajar matematika sub pokok bahasan volume bangun ruang yang disaj ikan dengan metode pembelajaran ekspositori mempunyai kecenderungan baik yang dapat diketahui dari hasil perhitungan rata-rata didapat )( = 71,4,dari perolehan nilai maksimum 100. 2. Prestasi belajar matematika sub pokok bahasan volume bangun ruang yang disaj ikan dengan metode pembelaj aran menggunakan alat peraga juga mempunyai kecenderungan baik yang dapat diketahui dari hasil perhitungan rata-rata didapat x = 75,4,dari perolehan nilai maksimum 100. 3. Terdapat perbedaan antara prestasi belajar matematika pokok bahasan volume bangun ruang yang disaj ikan dengan metode pembelaj aran menggunakan alat peraga dan metode pembelajaran ekspositori dari hasil perhitungan dimana )( 75,4>71,4, maka dapat disimpulkan bahwa metode pembelajaran menggunakan alat peraga memberikan dampak lebih baik terhadap prestasi belajar matematika sub pokok bahasan volume bangun ruang dibandingkan dengan menggunakan metode pembelajaran ekspositori dengan t-=4,71.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Drs. Sugiyono, M.Pd.
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Tadris - Biologi, B. Inggris, Kimia, Matematika, Fisika (S1)
Depositing User / Editor: Miftahul Ulum [IT Staff] ---- youtube : ulum virgo -------- Facebook : digilibuin
Date Deposited: 18 Nov 2015 04:16
Last Modified: 18 Nov 2015 04:16
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/18370

Actions (login required)

View Item View Item