UPAYA MENINGKATKAN EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI MODEL BELAJAR KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAL) DI SD MUHAMMADIYAH KAYEN SLEMAN

ANITA TRIANAWATI, NIM. 02431257 (2007) UPAYA MENINGKATKAN EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI MODEL BELAJAR KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAL) DI SD MUHAMMADIYAH KAYEN SLEMAN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (UPAYA MENINGKATKAN EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI MODEL BELAJAR KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAL) DI SD MUHAMMADIYAH KAYEN SLEMAN)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (12MB) | Preview
[img] Text (UPAYA MENINGKATKAN EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI MODEL BELAJAR KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAL) DI SD MUHAMMADIYAH KAYEN SLEMAN)
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (8MB)

Abstract

ANITA TRIANA W A Tl. Upaya Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran Matematika Melalui Model Belajar Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (T AI) di SO Muhammadiyah Kayen Sleman. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Tarbiyah UIN Sunan Kalijaga, 2007. Penelitian yang dilakukan dengan menerapkan model belajar kooperatif tipe TAl (Team Assisted Individualization) pada pembelajaran matematika di kelas V SD Muhammadiyah Kayen Sleman ini bertujuan untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran. Dalam penelitian ini digunakan dua indikator yaitu proses dan hasil. Proses disini peneliti hanya mengambil indikator yang meliputi interaksi, motivasi dan aktivitas dalam pembelajaran. Aktivitas dilihat dari aspek kesiapan siswa mengikuti kegiatan pembelajaran, menyelesaikan soaVtugas dan kerjasama dengan ternan. Motivasi dilihat dari aspek perhatian siswa terhadap proses pembelajaran dan semangat yang tinggi dalam pembelajaran. Sedangkan hasil belajar siswa ditinjau dari nilai, baik nilai kuis/soal latihan, ulangan harian dan lain-iain. Penelitian tindalmn kdas pada pokok bahasan pecahan ini, dilaksanakan dalam dua siklus dengan subjek seluruh siswa kelas V SD Muhammadiyah Kayen Sieman yang bedumlah 35 siswa terdiri dari 13 siswa laki-laki dan 22 siswa perempuan. Data basil penelitian diperoleh dari hasil observasi selama pembelajaran berlangsung, angket siswa, wawancara dengan siswa, catatan iapangan dan dokumentasi. Pembelajaran denga11 model bel~jar kooperatif tipe TAl (Team Assisted Individualization) ini dengan menerapkan delapan komponennya yang berupa tes penempatan, pembentukan keiompok, beiajar (mengeTjakan tugas) secara individu, kelompok (tim) be/ajar, Skoring kelompoklpenghargaan kelompok, mengajar kelompok, tes/u/angan, mengajar se/uruh kelas. Dalam model T AI ini meiatih siswa untuk meningkatkan daya kreatititasnya karena didaiamnya terdapat belajar kelompok setelah mereka mengerjakan tugas secara individu. Melalui belajar kelompok siswa saling mendiskusikan dan saling mencocokkan hasil pekedaan daiam satu kelompok. Sehingga dengan belajar kelompok interaksi dapat berlangsung dengan baik. Siswa juga merasa lebih senang belajar matematika dengan adanya belajar kelompok. Pelaksanaan model T AI dengan indikator pembeiajaran efektif dapat riilihat dari peningkatan aktivitas belajar siswa sebesarl4,64% yakni dari 62,75% pada siklus pertama menjadi 77,39% pada siklu~ kedua. Peningkatan motivasi beiajar siswa dari 70,89% pada siklus pertama menjadi 80,04% pada siklus kedua. Hal ini menunjukkan bahwa tujuan dari pembelajaran ini tercapai meskipun persentase tersebut tidak satu-satunya alat untuk mengukur efektivitas belajar. Key word: Efektivitas, TAl

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Drs. Sugiyono, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Efektivitas, TAl
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Tadris - Biologi, B. Inggris, Kimia, Matematika, Fisika (S1)
Depositing User / Editor: Miftahul Ulum [IT Staff] ---- youtube : ulum virgo -------- Facebook : digilibuin
Date Deposited: 18 Nov 2015 04:20
Last Modified: 18 Nov 2015 04:20
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/18371

Actions (login required)

View Item View Item