KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM PELAKSANAAN MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH DI MADRASAH ALLYAH ALI MAKSUM KRAPYAK YOGYAKARTA

HANIK IKRIMATUS SAADAH, NIM. 02471311 (2007) KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM PELAKSANAAN MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH DI MADRASAH ALLYAH ALI MAKSUM KRAPYAK YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM PELAKSANAAN MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH DI MADRASAH ALLYAH ALI MAKSUM KRAPYAK YOGYAKARTA)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM PELAKSANAAN MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH DI MADRASAH ALLYAH ALI MAKSUM KRAPYAK YOGYAKARTA)
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif metode deskriptif Alasan pemilihan metode ini adalah karena penelitian ini bermaksud untuk mendeskriptifkan suatu gejala, peristiwa, kejadian yang terjadi pada saat sekarang. Observasi, interview, dokumentasi digunakan untuk mengumpulkan data dari penelitian dilapangan dengan melibatkan kepala madrasah, guru-guru, staf tata uasaha, dan siswa Madrasah Ali yah Ali Maksum Krapyak Y ogyakarta. Hasil dari penelitian menunj ukkan bahwa ( 1) dalam pelaksanaan Manajemen Berbasis Sekolah yang dilaksanakan di MA Ali Maksum menggunakan konsep MPMBS yaitu menekankan pada kemandirian stakeholder, hal ini bertujuan untuk peningkatan mutu kependidikan di MA Ali Maksum. Beberapa program pelaksanaan manajemen diantaranya: Perencanaan dan evaluasi program MA Ali Maksum, Pengelolaan kurikulum, Pengolaan proses belajar mengajar di MA Ali Maksum, Pengelolaan ketenagaan, Pengelolaan sarana dan prasarana penunjang, Pengelolaan keuangan, Pelayanan yang diberikan MA Ali Maksum kepada siswa, Hubungan MA Ali Maksum dengan masyarakat sekitar, Pengelolaan iklim MA Ali Maksum. (2) dalam menjalankan peran kepala sekolah mempunyai tugas diantaranya, Perencanaan, Pengorganisasian, Pelaksanan, Pengawasan. (3) sebagai pemimpin mempunyai fungsi dan peran manajemen, dalam hal perencanaan kepala madrasah melak:sanakan, melakukan dan berusaha merumuskan program-program sesuai dengan visi dan misi sekolah. Dalam pengorganisasian kepala madrasah MA Ali Maksum membuat struktur tugas kerja yang disetujui staf-stafnya dan disesuaikan dengan kompetensi. Kepemimpinan kepala madrasah di MA Ali Maksum pada pelaksanaan manajemen berbasis sekolah telah mampu mempengaruhi dan menggerakkan bawahannya dengan cara sikap yang diberikan, komunikasi yang baik, motivasi dan membentuk warganya kepada disiplin kerja dengan memberikan contoh yang baik, serta kepemimpinan kepala madrasah yang mempunyai sifat humanis sehingga dapat menciptakan lingkungan yang baik. Hasil penelitian ini diharapkan akan berguna bagi kepala sekolah untuk lebih meningkatkan manajemen yang dipimpinnya dengan mempertimbangkan faktor-faktor penghambat, kesimpulan dan saran yang ada

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. M. Jamroh Latief, M. Si.
Uncontrolled Keywords: manajemen berbasis sekolah,kepemimpinan Kepala Sekolah
Subjects: Kependidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam (S1)
Depositing User: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 19 Nov 2015 10:14
Last Modified: 19 Nov 2015 10:14
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/18377

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum