PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PEMBELAJARAN AKTIF MODEL LIGHTENING THE LEARNING CLIMATE YANG DIVARIASIKAN DI KELAS IV SDN NOLOBANGSAN YOGYAKARTA

SITI ANISAH, NIM. 02431049 (2007) PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PEMBELAJARAN AKTIF MODEL LIGHTENING THE LEARNING CLIMATE YANG DIVARIASIKAN DI KELAS IV SDN NOLOBANGSAN YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PEMBELAJARAN AKTIF MODEL LIGHTENING THE LEARNING CLIMATE YANG DIVARIASIKAN DI KELAS IV SDN NOLOBANGSAN YOGYAKARTA)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (11MB) | Preview
[img] Text (PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PEMBELAJARAN AKTIF MODEL LIGHTENING THE LEARNING CLIMATE YANG DIVARIASIKAN DI KELAS IV SDN NOLOBANGSAN YOGYAKARTA)
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (10MB)

Abstract

Penelitian yang dilakukan dengan menerapkan pembelajaran aktif (active learning) model Lightening the Learning Climate yang divariasikan, pada pembelajaran matematika di kelas IV SDN Nolobangsan Sleman Y ogyakarta ini bertujuan untok meningkatkan aktivitas dan basil belajar matematika. Aktifitas dan basil belajar yang diamati khususnya meliputi mendengarkan dan memperhatikan presentasi/penjelasan guru, merespon perintah dan pertanyaan guru, mengajukan pertanyaan kepada guru, berpartisipasi dalam kelompok, mengemukakan pendapat dalam kelompok, mengerjakan soal LKS/kuis, memahami materi, menguasai ketrampilan dan mempresentasikan basil kerja kelompok. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research). Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus setiap siklus terdiri dari tiga kali pertemuan dengan subjek seluruh siswa kelas IV SDN Nolobangsan Sleman Yogyakarta yang berjumlah 13 siswa. Setting penelitian adalah kelas N SDN Nolobangsan Sleman Yogyakarta. Data basil penelitian diperoleh dari basil observasi selama pembelajaran berlangsung dengan menggunakan lembar observasi aktivitas belajar siswa, basil belajar siswa dan monitoring evaluasi terhadap guru, angket respons siswa, wawancara dengan siswa dan guru, catatan lapangan dan dokumentasi. Pelaksanaan pembelajaran aktif model Lightening the Learning Climate yang divariasikan ini meliputi tahap: pembukaan yang menyenangkan, presentasi kelas, diskusi kelompok, presentasi kelompok, kuis dan test, dan penghargaan. Hasil penelitian menunjukkan aktivitas dan basil belajar siswa kelas IV SDN Nolobangsan Sleman Yogyakarta mengalami peningkatan. Hal ini dapat ditunjukkan dengan meningkatnya persentase aktivitas belajar siswa sebesar 13,75% yakni dari 71,25% pada siklus pertama menjadi 85,00% pada siklus ke dua. Peningkatan basil belajar siswa melalui lembar observasi sebesar 2,08% yakni 75,00% pada siklus pertama dan 77,08% pada siklus kedua. Hasil belajar siswa melalui test juga meningkat yakni nilai rata-rata kelas siswa 75,00 pada siklus pertama dan nilai rata-rata kelas siswa 83,63 pada siklus kedua. Nilai ratarata kelas ini diambil dari nilai ulangan harlan, togas individu (kuis), ulangan harlan dan togas kelompok.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Drs. H. Sedya Santosa, SS.M.Pd
Uncontrolled Keywords: Key word : Pembelajaran, Active Learning dan Lightening the Learning Climate.
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Tadris - Biologi, B. Inggris, Kimia, Matematika, Fisika (S1)
Depositing User / Editor: Miftahul Ulum [IT Staff] ---- youtube : ulum virgo -------- Facebook : digilibuin
Date Deposited: 19 Nov 2015 03:17
Last Modified: 19 Nov 2015 03:17
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/18379

Actions (login required)

View Item View Item