ANALISIS PELAKSANAAN PENILAIAN BERBASIS KELAS PADA MATA PELAJARAN FISIKA DI MTSN YOGYAKARTA I

ADNAN KHARIS, NIM. 01460581 (2007) ANALISIS PELAKSANAAN PENILAIAN BERBASIS KELAS PADA MATA PELAJARAN FISIKA DI MTSN YOGYAKARTA I. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (ANALISIS PELAKSANAAN PENILAIAN BERBASIS KELAS PADA MATA PELAJARAN FISIKA DL MTSN YOGYAKARTA I)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (11MB) | Preview
[img] Text (ANALISIS PELAKSANAAN PENILAIAN BERBASIS KELAS PADA MATA PELAJARAN FISIKA DL MTSN YOGYAKARTA I)
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (13MB)

Abstract

Penelitian ini berlujuan untuk (1) Mengetahui pelaksaan penilaian berbasis kelas di MTsN Yogyakarta (2) Untuk mengelahui kesesuaian pelaksanaan penilaian berbasis kelas dengan kurikulum berbasis kompetensi. (3) Mengetahui faktor-faktor pendukung dan faktor-faktor penghambat pelaksanaan penilaian berbasis kelas di MTsN Yo[zyakarta I Subyek penelilian adalah guru mala pelajaran fisika dan siswa kelas Vl/1 MJ:\N Yogyakarla I tahun ajaran 200612007. Sampel penelitian ada/ah kelas VII E dan VIII C. sample diambil dengan tehnik cluster random sampling. Data diambil dengan meteode observasi, wawancara, dokumentasi dan angket. Hasil penelitian menunjukkan (/) Bentuk dan a/at penilaian berbasis kelas yang telah digunakan di MTsN Yogyakarta I, meliputi: a. Kuis digunakan untuk menanyakan hal-hal prinsipi pembelajaran yang lalu secara singkat, a/at peni/aiannya berupa pertanyaan singkal, uraian singkat. b Pertanyaan lisan digunakan untuk mengungkap penguasaan siswa terhadap materi pelajaran yang sedang dipelajari, dilakukan dengan memberikan petanyaan yang diberikan secara acak kepada seluruh siswa. c. Tugas individu diberikan secara periodik untuk diselesaikan siswa a/at penilaiannya berupa pekerjaan rumah, merangkum meteri pelajaran, tes identifikasi, dan paper and pencil d. Tugus kelompok diberikan kepada untuk menilai kemampuan kelompok,. da/am memecahkan suatu masalah, a/at penilaiannya berupa praktikum fisika dan tes unjuk kerja dcngan cara membuat kmya fisika sederhana. e. Ulangan harian dilakukan secara periodik setiap satu pokok bahasan pelajaran selesai, insJrument penilaian dengun tes uraian f. U/angan semester di/akukan tiap akhir semester untuk meni/ai k.etunlasan penguasaan kompetensi dilakukan secara bersama-sama o/eh seluruh siswa pada akhir semester. (2). Bentuk dan alai penilaian berbasis kelas Ielah dilaksanakan lebih dari 70% maka dapal disimpu/kan bahwa pelaksanaan penilaian berbasis kelas di MI'sN Yogyakarta I sudah dilaksanakan dengan haik (3). Faktor pendukung pelakasanaan penilaian berbasis kelas di MTsN Yogyakarta I adalah kreatifitas guru da/am membuat a/at penilaian dan cara memberikan tugas kepada siswa, sedangkan faktor penghambat adalah masih kurangnya alar peraga pembelajaran khususnya untuk menilai aspek psikomotorik dan siswa masih kesulitan dalam mengerjakan Ins/rumen penilaian portofolio, tugas proyek tes paper and penci, prakaryafisika dm• identifikasi yang masih tergolong baru.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Warsono, M.Si.
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Analisis, Penilaian berbasis kelas.
Subjects: Pendidikan Fisika
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Tadris - Biologi, B. Inggris, Kimia, Matematika, Fisika (S1)
Depositing User / Editor: Miftahul Ulum [IT Staff] ---- youtube : ulum virgo -------- Facebook : digilibuin
Date Deposited: 19 Nov 2015 14:04
Last Modified: 19 Nov 2015 14:04
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/18386

Actions (login required)

View Item View Item