PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BAGI ANAK DALAM KELUARGA PEDAGANG SANDAL (STUDI KASUS PADA PEDAGANG SANDAL DI PASAR GEMOLONG KECAMATAN GEMOLONG KABUPATEN SRAGEN)

SITI RADHIYAH, NIM. 00470461 (2007) PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BAGI ANAK DALAM KELUARGA PEDAGANG SANDAL (STUDI KASUS PADA PEDAGANG SANDAL DI PASAR GEMOLONG KECAMATAN GEMOLONG KABUPATEN SRAGEN). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BAGI ANAK DALAM KELUARGA PEDAGANG SANDAL (STUDI KASUS PADA PEDAGANG SANDAL DI PASAR GEMOLONG KECAMATAN GEMOLONG KABUPATEN SRAGEN))
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (79MB) | Preview
[img] Text (PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BAGI ANAK DALAM KELUARGA PEDAGANG SANDAL (STUDI KASUS PADA PEDAGANG SANDAL DI PASAR GEMOLONG KECAMATAN GEMOLONG KABUPATEN SRAGEN))
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (97MB)

Abstract

Mendidik anak adalah tugas yang paling mulia yang diamanatkan Tuhan kepada orang tua. Anak memerlukan perhatian yang lebih mendalam serta bimbingan yang lebih intensif, baik melalui pendidikan formal (sekolah ) maupun in formal (keluarga). Melalui sarana pendidikan dalam keluarga ini orang tua dapat memberikan pengaruh dalam pembentukan pribadi anak yang akan dibawanya nanti. Penelitian ini bertujuan untuk mengeta:hui lebih dalam pendidikan agama Islam anak dalam keluarga wanita pedagang sandal di Pasar Gemolong, Sragen dan mengetahui usaha-usaha yang dilakukannya. Hasil yang diperoleh diharapkan dapat digunakan sebagai gambaran oleh ibu bekeija dalam mendidik anak. • Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil latar Pasar Gemolong, Sragen. Sampel yang diambil adalah wanita pedagang sandal yang memiliki anak dengan usia kurang dari 12 tahun dengan metode purposive sampling. Data diperoleh dari metode angket, wawancara, dan observasi non partisipan. Data dianalisa dengan menggunakan tabel frekuensi distribusi sederhana. Hasil penelitian menunjukkan (1) Pendidikan agama Islam untuk anak bertujuan agar anak dapat mengerti dan menerapkan syariat Islam dalam kehidupannya sedini mungkin, (2) Keluarga merupakan tempat pendidikan pertama dan utama bagi anak, untuk itu pelaksanannya sangat penting dan harus diperhatikan. Wanita pedagang sandal di Pasar Gemolong lebih mempercayakan pendidikan agama bagi anaknya kepada mualim, yaitu dengan mengikutsertakannya pada Taman Pendidikan Al-Qur'an (TPA). (3) Memberikan pelajaran pada anak hendaknya menggunakan metode khusus agar anak terkesan dan tertarik. Kesan pada anak akan lebih diterima dan dimengerti dari pada sekedar memberikan nasehat maupun pemberitahuan. Metode yang paling baik dalam memberi pengajaran agama Islam adalah pemberian suri tauladan yang baik dan pembiasaan karena pelajaran dapat masuk ke dalam diri lebih besar berasal dari apa yang dilihat dan yang didengar. Usaha yang dilakukan kebanyakan wanita pedagang sandal dalam mendidik anaknya adalah dengan memberi nasehat dan sedikit pengertian (4) Sibuknya para ibu yang bekerja di pasar menyebabkan anak kurang perhatian, pergaulan anak sering tidak terkontrol dan pengajaran agama Islam menjadi kurang maksimal, (5) Pendidikan agama ibu juga menjadi faktor pendorong ibu dalam mengajarkan agama, sehingga ibu dalam mengajarkan agama hanya sebatas kemampuannya saja.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dra. Nurrohmah,
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Agama Islam, Dalam Keluarga Pedagang Sandal
Subjects: Kependidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam (S1)
Depositing User: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 19 Nov 2015 14:45
Last Modified: 19 Nov 2015 14:45
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/18391

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum