IMPLEMENTASI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BAGI PENGEMBANGAN MENTAL ANAK TUNA GRAHITA (STUDI KASUS DI SLB BANGUN PUTRA NGENTAK BANGUNJIWO KASIHAN BANTUL YOGYAKARTA)

YENI AGUSTINA, NIM. 0347 0551 (2007) IMPLEMENTASI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BAGI PENGEMBANGAN MENTAL ANAK TUNA GRAHITA (STUDI KASUS DI SLB BANGUN PUTRA NGENTAK BANGUNJIWO KASIHAN BANTUL YOGYAKARTA). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BAGI PENGEMBANGAN MENTAL ANAK TUNA GRAHITA (STUDI KASUS DI SLB BANGUN PUTRA NGENTAK BANGUNJIWO KASIHAN BANTUL YOGYAKARTA))
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (10MB) | Preview
[img] Text (IMPLEMENTASI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BAGI PENGEMBANGAN MENTAL ANAK TUNA GRAHITA (STUDI KASUS DI SLB BANGUN PUTRA NGENTAK BANGUNJIWO KASIHAN BANTUL YOGYAKARTA))
BAB II, III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini mempunyai Jatar belakang dimana, anak tuna grahita sebagai anak yang memiliki kelemahan dalam berfikir dan berinteraksi sangat diharapkan mendapatkan pendidikan terutama Pendidikan Agama Islam. Dengan adanya pengajaran berupa Pendidikan Agama Islam maka anak tuna grahita diharapkan akan mampu menyeimbangi keterbelakangan mentalnya dengan pendidikan Agama Islam terlebih pada pendidikan akhlak. Dengan demikian dengan adanya pendidikan agama islam ini maka anak tuna grahita akan memiliki rasa kepercayaan diri dan pribadi yang santun dalam berinteraksi dengan lingkungan luar baik dalam lingkungan keluarga, sekolah dan masyarat. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisa secara kritis tentang implementasi Pendidikan Agama Islam bagi pengembangan mental anak tuna grahita di SLB Bangun Putra. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan metode penelitian kualitatif yaitu dengan cara observasi, wawancara,dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan : (1) Tujuan Pendidikan Agama Islam (2) proses pembelajaran P AI. (3) Materi Pelajaran PAl meliputi Al-Qur'an, Fiqh, dan Akhlak. (4) Strategi pembelajaran yang digunakan meliputi strategi pembelajaran kooperatif, kompetitif, dan individual. (5) Metode pembelajaran yang sering diterapkan yaitu: metode ceramah atau cerita, situasional, keteladanan, peragaan dan penugasan.(6) Evaluasi pembelajaran yang diterapkan di SLB Bangun Putra berupa evaluasi formatif dan sumatif Untuk evaluasi formatif berupa ulangan harian sedang untuk evaluasi sumatif berupa ujian kenaikan kelas. Pada dasarnya pelaksanaan evaluasi di SLB Bangun Putra ini tidaklah seketat dengan sekolah umum lainnya. (7) Hasil pembelajaran pendidikan Islam secara kuantitatif sudah dapat dinilai cukup baik. Hal ini dibuktikan dari hasil pembelajaran Al-Quran, Fiqh/ibadah , dan akhlak sudah dapat dipahami •dan diamalkan dalam kehidupan sehari-hari. (8) Faktor Pendukung keberhasilan proses pengajaran ini berasal dari guru, siswa dan kurikulum sedangkan faktor penghambatnya berasal dari diri siswa itu sendiri.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. H. Suismanto, M.Ag,
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Agama Islam,Pengembangan Mental Anak Tuna Grahita
Subjects: Kependidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam (S1)
Depositing User: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 20 Nov 2015 09:42
Last Modified: 20 Nov 2015 09:42
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/18397

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum