PENGGUNAAN STRATEGI PEMBELAJARAN COOPERATIVE DENGAN METODE QUIZ TEAM TERHADAP PENINGKATAN MINAT DAN PRESTASI BELAJAR BIOLOGI POKOK BAHASAN PENCEMARAN LINGKUNGAN PADA SISWA KELAS X SMA MUHAMMADIYAH 2 YOGYAKARTA

FARIDA KAMALIA S, NIM. 02451172 (2007) PENGGUNAAN STRATEGI PEMBELAJARAN COOPERATIVE DENGAN METODE QUIZ TEAM TERHADAP PENINGKATAN MINAT DAN PRESTASI BELAJAR BIOLOGI POKOK BAHASAN PENCEMARAN LINGKUNGAN PADA SISWA KELAS X SMA MUHAMMADIYAH 2 YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGGUNAAN STRATEGI PEMBELAJARAN COOPERATIVE DENGAN METODE QUIZ TEAM TERHADAP PENINGKATAN MINAT DAN PRESTASI BELAJAR BIOLOGI POKOK BAHASAN PENCEMARAN LINGKUNGAN PADA SISWA KELAS X SMA MUHAMMADIYAH 2 YOGYAKARTA)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img] Text (PENGGUNAAN STRATEGI PEMBELAJARAN COOPERATIVE DENGAN METODE QUIZ TEAM TERHADAP PENINGKATAN MINAT DAN PRESTASI BELAJAR BIOLOGI POKOK BAHASAN PENCEMARAN LINGKUNGAN PADA SISWA KELAS X SMA MUHAMMADIYAH 2 YOGYAKARTA)
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) Mengetahui apakah penggunaan strategi pembelajaran dengan metode Quiz Team dapat meningkatkan minat dan prestasi belajar biologi pokok bahasan pencemaran lingkungan pada siswa kelas X-D SMA Muhammadiyah 2 Yogyakarta tahun ajaran 2006/2007. (2) Mengetahui bagaimana aktifitas dan partisipasi siswa selama proses pembelajaran dengan menggunakan metode Quiz Team. (3) Mengetahui tanggapan siswa terhadap penggunaan strategi pembelajaran dengan metode Quiz Team pada pembelajaran Biologi pokok bahasan pencemaran lingkungan. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) yang dilaksanakan di SMA Muhammadiyah 2 Yogyakarta pada siswa kelas X-D semester II Tahun Ajaran 200672007 dengan jumlah siswa 32 orang. Penelitian terdiri dari 2 siklus. Siklus I sub pokok bahasan Pencemaran Lingkungan dan siklus II sub pokok bahasan Limbah dan Daur Ulang Limbah. Data prestasi belajar siswa diperoleh dari hasil soal pre test post test. Data keaktifan dan partisipasi siswa selama proses pembelajaran diperoleh melalui observasi pada saat pembelajaran berlangsung. Data minat dan tanggapan siswa diperoleh dari hasil angket. Data prestasi belajar siswa dianalisis secara deskriptif dengan cara mencari effect size (selisih rerata nilai pre test post test). Peningkatan terjadi apabila nilai rerata post test lebih besar dari nilai rerata pre test. Data aktivitas, partisipasi dan minat serta tanggapan siswa dianalisis secara deskriptif melalui teknik persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ( 1) Penggunaan strategi pembelajaran cooperative dengan metode Quiz Team dapat meningkatkan minat dan prestasi belajar biologi pokok bahasan pencemaran lingkungan pada siswa kelas X-D SMA Muhammadiyah 2 Yogyakarta (2) Penggunaan strategi pembelajaran cooperative dengan metode Quiz Team memberikan pengaruh yang positif terhadap peningkatan aktifitas dan partisipasi siswa selama proses pembelajaran. (3) Penggunaan strategi pembelajaran cooperative dengan metode Quiz Team mendapatkan tanggapan/respon yang positif dari siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. Satino, M. Si.
Uncontrolled Keywords: Cooperative, Quiz Team, Minat dan Prestasi, Belajar
Subjects: Tadris
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Tadris - Biologi, B. Inggris, Kimia, Matematika, Fisika (S1)
Depositing User: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 20 Nov 2015 14:48
Last Modified: 20 Nov 2015 14:48
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/18399

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum