UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR BIOLOGI DAN KEAKTIFAN SISWA DENGAN MENGGUNAKAN METODE DISKUSI TIPE BUZZ GROUP PADA MATERI POKOK SISTEM PERNAF ASAN SISW A KELAS XI MAN WONOKROMO T A 2006/2007

HEIRUL ANAM, NIM. 04451081- 03 (2007) UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR BIOLOGI DAN KEAKTIFAN SISWA DENGAN MENGGUNAKAN METODE DISKUSI TIPE BUZZ GROUP PADA MATERI POKOK SISTEM PERNAF ASAN SISW A KELAS XI MAN WONOKROMO T A 2006/2007. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR BIOLOGI DAN KEAKTIFAN SISWA DENGAN MENGGUNAKAN METODE DISKUSI TIPE BUZZ GROUP PADA MATERI POKOK SISTEM PERNAF ASAN SISW A KELAS XI MAN WONOKROMO T A 2006/2007)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (30MB) | Preview
[img] Text (UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR BIOLOGI DAN KEAKTIFAN SISWA DENGAN MENGGUNAKAN METODE DISKUSI TIPE BUZZ GROUP PADA MATERI POKOK SISTEM PERNAF ASAN SISW A KELAS XI MAN WONOKROMO T A 2006/2007)
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (13MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk rnengetahui apakah rnetode diskusi tipe Buzz Group dapat terlaksana di kelas XI IPA-1 MAN Wonokrorno, rnengetahui berapa siklus pernbelajaran yang dibutuhkan untuk rnencapai peningkatan prestasi belajar biologi dan keaktifan siswa serta mengetahui peningkatan apa saja yang rnuncul dalam setiap siklus. Desain penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA-1 MAN Wonokromo tahun ajaran 2006/2007. Data yang dikurnpulkan berupa data keaktifan siswa dalam proses pembelajaran dengan rnenggunakan rnetode diskusi tipe Buzz Group dan data prestasi belajar biologi siswa dengan menggunakan Pre Test dan Post Test. Data keaktifan siswa dan prestasi tersebut kernudian dianalisis secara deskriptif dengan menyajikan tabel distribusi frekuensi data tunggal dan tabel distibusi relatifyang telah melalui proses kuanlijikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode diskusi tipe Buzz Group dapat terlak;ana di kelas XI IPA-1 MAN Wonokromo. Banyaknya siklus pembelajaran yang dibutuhkan untuk meneapai peningkatan prestasi belajar biologi dan keaktifan siswa sebanyak tiga siklus. Peningkatan aktivitas siswa yang muncul pada siklus I adalah membawa buku referensi, menjawab pertanyaan, bertanya, membaca, menerima pendapat. menanggapi pendapat, menyampaikan pendapat, mendengar, presentasi, kontribusi siswa dalam menyelesaikan pertanyaan, dan menyimpulkan materi. Pada siklus II terdapat peningkatan aktivitas siswa seperti siklus I, ditarnbah dengan melakukan percobaan, mengamati obyek, dan menggunakan alat percobaan. Aktivttas yang rnengalami penurunan pada siklus II yaitu menjawab pertanyaan, menerima pendapat, menanggapi pendapat, mendengar, dan kontribusi siswa dalarn rnenyelesaikan pertanyaan. Pada siklus III aktivitas siswa yang meningkat seperti siklus II ditambah dengan menanggapi pendapat, kontribusi siswa dalarn menyelesaikan pcrtanyaan, dan menjelaskan hasil percobaan. Sedangkan aktivitas siswa yang rnengalami penurunan pada siklus III yaitu membawa buku referensi, bertanya, membaca, dan rnembawa alat percobaan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Drs. Sudjoko. M.S.
Uncontrolled Keywords: Prestasi, Keaktifan, dan Buzz Group
Subjects: Tadris
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Tadris - Biologi, B. Inggris, Kimia, Matematika, Fisika (S1)
Depositing User / Editor: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 20 Nov 2015 08:44
Last Modified: 20 Nov 2015 08:44
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/18400

Actions (login required)

View Item View Item