EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA REALIA SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BIOLOGI PADA SISWA KELAS VII DI MTs NEGERI GODEAN DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

SYAPTAJI HADI PRAWIRA, NIM. 02451033 (2007) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA REALIA SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BIOLOGI PADA SISWA KELAS VII DI MTs NEGERI GODEAN DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA REALIA SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BIOLOGI PADA SISWA KELAS VII DI MTs NEGERI GODEAN DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA REALIA SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BIOLOGI PADA SISWA KELAS VII DI MTs NEGERI GODEAN DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA)
BAB II,III,IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui efektif tidaknya pembelajaran dengan menggunakan media realia terhadap hasil belajar biologi pada pokok bahasan Keanekaragaman Hayati, (2) mengetahui peningkatan aktivitas dan partisipasi siswa saat pembelajaran berlangsung, dan (3) mengetahui tanggapan siswa terhadap penggunaan media realia dalam proses pembelajaran biologi. Populasi yang menjadi wilayah generalisasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII MTs Negeri Godean tahun ajaran 2005/2006. Sampel yang digunakan untuk penelitian ini adalah siswa kelas VII C sebagai kelompok kontrol, dan siswa kelas VII D sebagai kelompok eksperimen. Pengambilan sampel dengan model Clustered Sampling. Pengambilan data dilakukan dengan metode tes, observasi, dan angket. Instrumen terlebih dahulu divalidasi untuk mengetahui kesahihan dan kehandalan dalam mengukur sesuatu yang hendak uiukur. Analisis yang digunakan adalah kuantitatif deskripsi dan uji-t Basil penelitian menunjukkan bahwa, (I) pembelajaran dengan menggunakan Strategi Mec'li<l Renlin pada pokok bahasan Keanekaragaman Hayati lebih efektif dari pembelajaran yang diterapkan oleh guru pada siswa kelas VII MTs Negeri Godean, tahun ajaran 2005/2006, ditunjukkan dengan hasil uji-t yang diperoleh t hitung sebesar 3,629 dengan p = 0,001 < a = 0,05 (2) peningkatan aktivitas siswa selama pembelajaran berlangsung serta mendorong siswa untuk lebih aktif dan giat dalam memahami pelajaran dengan mempelajari fenomena yang ada disekitar lingkungan sekolah (3) Siswa kelas VII-D MTs Negeri Godean tahun ajaran 2005/2006 memberikan tanggapan positif terhadap pemhelajaran dcngun mcnggunakan Media Realia sebesar 68,68 %.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. Paidi, M.Si
Uncontrolled Keywords: Efektifitas, Media Realia, Peningkatan Basil Belajar
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Biologi (S1)
Depositing User: Edi Prasetya [edi_hoki]
Date Deposited: 23 Nov 2015 09:25
Last Modified: 23 Nov 2015 09:25
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/18401

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum