EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN JELAJAH ALAM TERHADAP PRESTASI BELAJAR BIOLOGI PADA MATERI POKOK KEANEKARAGAMAN MAKHLUK HIDUP SISWA KELAS VII MTS N YOGYAKARTA I TAHUN AJARAN 2006/2007

ANGGIA PUSPITA, NIM. 02451365 (2007) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN JELAJAH ALAM TERHADAP PRESTASI BELAJAR BIOLOGI PADA MATERI POKOK KEANEKARAGAMAN MAKHLUK HIDUP SISWA KELAS VII MTS N YOGYAKARTA I TAHUN AJARAN 2006/2007. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN JELAJAH ALAM TERHADAP PRESTASI BELAJAR BIOLOGI PADA MATERI POKOK KEANEKARAGAMAN MAKHLUK HIDUP SISWA KELAS VII MTS N YOGYAKARTA I TAHUN AJARAN 2006/2007)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN JELAJAH ALAM TERHADAP PRESTASI BELAJAR BIOLOGI PADA MATERI POKOK KEANEKARAGAMAN MAKHLUK HIDUP SISWA KELAS VII MTS N YOGYAKARTA I TAHUN AJARAN 2006/2007)
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan efektivitas pembelajaran dengan Jelajah Alam dan pembelajaran dengan metode konvensional/ceramah pada materi pokok Keanekaragaman Makhluk Hidup dan mengetahui tanggapan siswa kelompok eksperimen terhadap cara belajar dengan model Jelajah Alam. • Penelitian ini merupakan Quasy Eksperiment (eksperimen semu) yang rancangan penelitian menggunakan desain Randomized control group pretest-postest. Sampel penelitian ini diambil dengan teknik cluster sampling. Perlakuan yang diberikan pada kelompok siswa eksperimen dengan menggunakan model pembelajaran Jelajah Alam sedangkan kelompok siswa kontrol menggunakan metode ceramah dengan materi pokok Keanekaragaman Makhluk Hidup. Analsis data menggunakan tehnik pengujian hipotesis dengan uji t untuk data kuantitatif yang diperoleh dari pre-test dan post-est. Sedangkan data kualitatif yang diperoleh dari observasi pada aspek psikomotorik dan aspek afektif siswa, dianalisis secara deskriptif menggunakan teknik persentase. Hasil uji t pada kemampuan awal ( pre-test) menunjukan t hitung < t tabel pada taraf signifikan 5% sehingga dapat dikatakan hasil kemampuan awal (pretest) siswa tidak ada perbedaan yang signifikan. Hasil observasi siswa untuk ranah psikomotorik rata-rata terdapat 85 % siswa yang sudah melaksanakan aspek-aspek psikomotorik. Hasil observasi terhadap siswa untuk ranah afektif rata-rata terdapat 84% siswa yang telah melaksanakan aspek-aspek afektif. Tanggapan siswa kelompok eksperimen terhadap pembelajaran dengan model Jelajah Alam adalah positif ditinjau dari aspek ketertarikan dan manfaat yang dirasakan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Satino, M.Si.,
Uncontrolled Keywords: Model pemhelajaran, jelajah alam, prestasi belajar
Subjects: Biologi
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Tadris - Biologi, B. Inggris, Kimia, Matematika, Fisika (S1)
Depositing User / Editor: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 23 Nov 2015 07:02
Last Modified: 23 Nov 2015 07:02
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/18403

Actions (login required)

View Item View Item