PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR IPA-BIOLOGI SISWA KELAS VIII MTS NEGERI MODEL PARAKAN TEMANGGUNG MELALUI PENGGUNAAN MEDIA FILM KARTUN SUBKONSEP SISTEM PENCERNAAN PADA MANUSIA

MUAYANI, NIM. 02451360 (2007) PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR IPA-BIOLOGI SISWA KELAS VIII MTS NEGERI MODEL PARAKAN TEMANGGUNG MELALUI PENGGUNAAN MEDIA FILM KARTUN SUBKONSEP SISTEM PENCERNAAN PADA MANUSIA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR IPA-BIOLOGI SISWA KELAS VIII MTS NEGERI MODEL PARAKAN TEMANGGUNG MELALUI PENGGUNAAN MEDIA FILM KARTUN SUBKONSEP SISTEM PENCERNAAN PADA MANUSIA)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (112MB) | Preview
[img] Text (PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR IPA-BIOLOGI SISWA KELAS VIII MTS NEGERI MODEL PARAKAN TEMANGGUNG MELALUI PENGGUNAAN MEDIA FILM KARTUN SUBKONSEP SISTEM PENCERNAAN PADA MANUSIA)
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (81MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui peningkatan partisipasi siswa melalui penggunaan media film kartun dalam proses pembelajaran,(2) mengetahui peningkatan prestasi belajar siswa melalui penggunaan media film kartu, (3) mengetahui tanggapan siswa terhadap proses pembelajaran dengan menggunakan media film kartun subkonsep sistem pencemaan pada manusia dalam rangka peningkatan prestasi belajar biologi siswa kelas VJTJ MTsN Model Parakan Temanggung. Penelitian dilaksanakan di kelas VIII F MTsN Model Parakan Temangguug dengan metode penelitian tindakan kelas atau Classroom action recearch yang dilaksanakan dalam dua siklus. Pengambilan data dilakukan dengan metode Observasi, tes dan angket. Instrumen terlebih dahulu di uji vaaliditas untuk mengetahui kesahihan dan kehandalan dalam mengukur sesuatu yang hendak diukur. Analisis yang digunakan adalah analisis diskriptif dan ditabulasi dalam bentuk persentase dan grafik. Perbedaan nilai pretest dan postest dalam satu siklus dicari Effect size. Hasil analisis data menunjukkan bahwa, (1) penggunaan media film kartun dapat meningkatkan partisipasi siswa dalam kegiatan diskusi kelas (2). Penggunaan media film kartun subkonsep sistem pencernaan pada manusia mampu meningkatkan prestasi belajar siswa yang ditunjukkan dengan peningkatan nilai pretest dan postest. Pada siklus I nilai rata-rata pretest 5,76 meningkat menjadi 7,05 pada postest, dan pada siklus II juga terjadi peningkatan nilai pretest ke postest dari 5,05 menjadi 7 ,54. peningkatan nilai rata-rata ini juga menunjukkan bahwa tetjadi peningkatan penguasaan konsep (kemampuan kognitif) biologi siswa kelas VIII F, (3) penggunaan media fiulm kartun dalam pembelajaran biologi mandapat tanggapan positif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Drs. Suhardi M. Pd.
Uncontrolled Keywords: Media Film Kartun, Prestasi belajar Biologi
Subjects: Biologi
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Tadris - Biologi, B. Inggris, Kimia, Matematika, Fisika (S1)
Depositing User / Editor: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 23 Nov 2015 14:53
Last Modified: 23 Nov 2015 14:53
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/18407

Actions (login required)

View Item View Item