PENGARUH METODE PEMBERIAN TUGAS MERINGKAS MATERI PELAJARAN TERHADAP PEMAHAMAN DAN PRESTASI BELAJAR BIOLOGI (SISWA KELAS IX SEMESTER II SMP MUHAMMADIYAH 8 YOGYAKARTA)

YAMIN, NIM.03450475 (2007) PENGARUH METODE PEMBERIAN TUGAS MERINGKAS MATERI PELAJARAN TERHADAP PEMAHAMAN DAN PRESTASI BELAJAR BIOLOGI (SISWA KELAS IX SEMESTER II SMP MUHAMMADIYAH 8 YOGYAKARTA). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH METODE PEMBERIAN TUGAS MERINGKAS MATERI PELAJARAN TERHADAP PEMAHAMAN DAN PRESTASI BELAJAR BIOLOGI (SISWA KELAS IX SEMESTER II SMP MUHAMMADIYAH 8 YOGYAKARTA))
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (22MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH METODE PEMBERIAN TUGAS MERINGKAS MATERI PELAJARAN TERHADAP PEMAHAMAN DAN PRESTASI BELAJAR BIOLOGI (SISWA KELAS IX SEMESTER II SMP MUHAMMADIYAH 8 YOGYAKARTA))
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (15MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian tugas meringkas materi pelajaran sebelum diajarkan terhadap pemahaman dan prestasi belajar biologi siswa pada pokok bahasan bioteknologi. Penelitilan ini merupakan penelitian Quasi Eksperimen (eksperimen semu) yang dilaksanakan di SMP Muhammadiyah 8 Yogyakarta kelas IX Semester II tahun ajaran 2006/2007. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IX semester II SMP Muhammadiyah 8 Yogyakarta tahun ajaran 2006/2007. Teknik pengarnbilan sarnpel menggunakan purposive sampling. Dari dua kelas yang ada kemudian diundi dan diperoleh hasil kelas IX A sebagai kelas eksperimen yang diberi tugas meringkas materi pelajaran sebelun diajarkan dan kelas IX B sebagai kelas kontrol (tidak diberi tugas meringkas materi pelajaran). Penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Uji validitas instrumen menggunakan logical analysis yaitu conten validity dan face validity, uji hipotesis menggunakan uji t dan uji prasyarat untuk normalitas menggunakan uji Chi-Kuadrat (X. ) sedangkan untuk uji homogenitas menggunakan uji Bartlett yang dikonsultasikan pada tabel X^2 Hasil uji normalitas menunjukan bahvva semua datu baik hasil tes pemahaman siswa kelas eksperimen, tes pemahaman siswa kelas kontrol, tes prestasi kelas eksperimen maupun test prestasi kelas kontrol berasal dari data berdistribusi normal. Begitu juga dengan uji homogenitas diperoleh hasil bahwa semua data yang diperoleh berdistribusi homogen. Uji hipotesis pertama menunjukan bahwa pemberian tugas meringkas materi pelajaran sebelum diajarkan berpengaruh nyata terhadap pemahaman materi siswa. Begitu juga dengan uji hipotesis kedua menunjukan bahwa pemberian tugas meringkas materi pelajaran sebelum diajarkan berpengaruh nyata terhadap prestasi belajar biologi siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Ir. Ciptono, M.Si
Uncontrolled Keywords: Tugas, Meringkas, Pemahaman, Prestasi dan Bioteknulogi
Subjects: Biologi
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Tadris - Biologi, B. Inggris, Kimia, Matematika, Fisika (S1)
Depositing User / Editor: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 24 Nov 2015 08:48
Last Modified: 24 Nov 2015 08:48
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/18414

Actions (login required)

View Item View Item