PERILAKU KEBERAGAMAAN KAUM WARIA MUSLIM (Studi Profil Enam Waria di RT XVI, RW IV, Kampung Sidomulyo,Kelurahan Bener, Tegalrejo, Yogyakarta)

IKHWAN SULISTIONO, NIM.02541243 (2007) PERILAKU KEBERAGAMAAN KAUM WARIA MUSLIM (Studi Profil Enam Waria di RT XVI, RW IV, Kampung Sidomulyo,Kelurahan Bener, Tegalrejo, Yogyakarta). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)

Abstract

RT XVI RW IV Kampung Sidomulyo terletak di sebelah barat daya Kota Yogyakarta tepatnya adalah di Kelurahan Bener Kecamatan Tegalrejo Kota Yogyakarta. Kampung Sidomulyo terletak berada di wilayah Daerah lstimewa Yogyakarta. Kampung Sidomulyo tersebut adalah sebuah kampung yang banyak dihuni oleh komunitas kaum waria, dan merupakan daerah basis waria terbesar di Yogyakarta. Waria mulai menempati daerah tersebut sejak tahun 60-an. Penelitian yang dilakukan penulis ini mengambil ·tema Perilaku Keberagamaan Kaum Waria Muslim di RT XVI RW IV Kampung Sidomulyo Kelurahan Bener Kecwnatan Tegalrejo Kota Yogyakarta. Dalam skripsi ini penulis mengangkat permasalahan sebagai ·berikut : bagaimana Perilaku Keberagamaan Kaum Waria Muslim di RT XVI RW IV Kampung Sidomulyo Kelurahan Bener kecamatan Tegalrejo Kota Yogyakarta. Dalam penelitian ini digunakan pendekatan psikologi sosial agama dengan beberapa teknik pengumpulan data yaitu melalui wawancara, observasi dan dokumentasi-dokumentasi yang ada. Data-data tersebut penulis analisis secara deskriptif yaitu data yang dikumpulkan mula-mula di susun, dijelaskan dan kemudian dianalisis. Hasil penelitian ini menemukan bahwa perilaku keberagarnaan para waria tersebut mengalami inkonsistensi atau pergeseran antara ketika mereka masih bersama keluarganya dengan sesudah tinggal di Kampung Sidomulyo. Setelah mereka tidak tinggal bersama keluarganya lagi teryata perilaku keberagamaan dan perkcmbangan keagamaan mereka cenderung ke arah negatif Hal ini ditandai dengan semakin menurunnya intensitas peribadatan mereka. Ketika para waria ini masih tinggal bcrsama keluarganya mereka sering melakukan peribadatan seperti shalat, puasa dan tadarus Al-Qur'an secara intens, namun setelah mereka tidak tinggal bersama keluarganya lagi, mereka jarang bahkan tidak pernah melakukan peribadatan yang sifatnya vertikal seperti shalat, puasa dan tadarus Al-Qur'an . . Dari sini bisa kita lihat bahwa perilaku keberagamaan kaum karia wuslim di RT XVI RW IV Kampung Sidomulyo Kelurahan Bener Kecamatan Tegalrejo Kota Yogyakarta mengalami pergeseran yang sifatnya cenderung ke arah negatif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Moh. Soehadha, S.Sos, M.Hum
Uncontrolled Keywords: perilaku keberagamaan, kaum waria muslim
Subjects: Sosiologi Agama
Divisions: Fakultas Ushuludin dan Pemikiran Islam > Sosiologi Agama (S1)
Depositing User: Miftakhul Yazid Fuadi [staff it]
Date Deposited: 24 Nov 2015 16:53
Last Modified: 24 Nov 2015 16:53
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/18421

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum