KONTRIBUSI PEMIKIRAN MAHMUD YUNUS DALAM PEMBAHARUAN PENDIDIKAN ISLAM DI INDONESIA

RESTU DWI MULYANI, NIM.00470022 (2007) KONTRIBUSI PEMIKIRAN MAHMUD YUNUS DALAM PEMBAHARUAN PENDIDIKAN ISLAM DI INDONESIA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (80MB) | Preview
[img] Text
BAB II, III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (143MB)

Abstract

Restu Dwi Mulyani. Kontribusi Pemikiran Mahmud Yunus Dalam Pembaharuan Pendidikan Islam di Indonesia. Skripsi, (Yogyakarta : Fakultas Tarbiyah Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga 2007) Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui konsep pendidikan Islam menurut Mahmud Yunus dan untuk mengetahui kontriribusi Mahmud Yunus dalam pembaharan pendidikan Islam di Indonesia. Penelitian ini termasuk dalam penelitian literatur, metode yang digunakan adalah deskriptif analitis kritis. Metode ini digunakan untuk mendeskiipsikan gagasan Mahmud Yunus tentang karyanya atau ilmuwan lain yang mengupasnya, agar memperoleh gambaran yang utuh. Setelah itu, akan dibahas dengan cara menafsirkan gagasan tokoh tersebut dan .selanjutnya berusaha melakukan kritik. terhadap pemikiran pembaharuan pendidikan Islam di Indonesia. Hasil dari penelitian ini antara lain adalah Mahmud Yunus merupakan tokoh pelopor adanya kurikulum yang bersifat integrated, yaitu kurikulum yang memadukan antara ilmu umum dan ilmu agama di lembaga pendidikan Islam. Gagasan dan pemikiran Mahmud Yunus dalam bidang pendidikan secara keselurnhan bersifat strategis dan merupakan karya perintis, dalam arti belum pernah dilakukan oleh tokoh-tokoh pendidikan Islam sebelumnya. Perhatian dan komitmennya terhadap pembangunan, peningkatan dan pengembangan pendidikan Islam tersebut dapat dilihat lebih lanjut dalam beberapa aspek pendidikan yang meliputi segi tujuan pendidikan, segi kurikulum, segi kelembagaan dan sistem pendidikan, segi metode pengajaran, peran guru dan murid serta segi sarana dan evaluasi pendidikan. Pembaharuan yang dilakukan Mahmud Yunus ini terlihat dalam beberapa lembaga yang pernah ditanganinya antara lain pendidikan Islam di Diniyah School, pendidikan Islam di al Jami'ah al Islamiyah, pendidikan Islam di Normal Islam serta pendidikan Islam di PGAI dan ADIA. Kesuksesan dalam menangani bebereapa lembaga pendidikan tersebut terbukti salah satunya di lembaga Normal Islam, Mahmud Yunus telah berhasil mencetak kader pemimpin umat yaitu K.H. Imam Zarkasyi yang mampu mencatat dan menyandang nama besar pondok modern Gontor Ponorogo Jawa Timur. Dari beberapa pemikirannya dalam pendidikan Islam, ide pemikiran Mahmud Yunus merupakan ide-ide yang masih bisa diterapkan untuk masa sekarang meskipun masih perlu ada sedikit penyesuaian karena mengingat masa yang dihadapi sangat berbeda dengan masa sekarang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. H. Muhammad Anis, MA
Uncontrolled Keywords: Kontribusi Pemikiran, Mahmud Yunus, Pembaharuan Pendidikan Islam
Subjects: Pendidikan Islam (Pesantren)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam (S1)
Depositing User: Miftakhul Yazid Fuadi [staff it]
Date Deposited: 25 Nov 2015 09:12
Last Modified: 25 Nov 2015 09:12
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/18426

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum