PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN BAGI MAHASISWA TUNANETRA DI JURUSAN PAI FAKULTAS TARBIYAH UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA

ACH. MUNIR, NIM. 03410129 (2007) PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN BAGI MAHASISWA TUNANETRA DI JURUSAN PAI FAKULTAS TARBIYAH UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN BAGI MAHASISWA TUNANETRA DI JURUSAN PAI FAKULTAS TARBIYAH UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (8MB) | Preview
[img] Text (PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN BAGI MAHASISWA TUNANETRA DI JURUSAN PAI FAKULTAS TARBIYAH UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA)
BAB II, III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Ach. Munir. Penerapan Metode Pembelajaran Bagi Mahasiswa Tunanetra di Jurursan Pendidikan Agama Islam Fak:ultas Tarbiyah Universitas Islam Negri Sunan Kalijaga Y ogyakarta. Peneiititan ini bertujuan untuk mendeskripsikan serta menganalisis secara kritis tentang proses penerapan metode pembelajaran bagi mahasiswa tunanetra di Jurusan PAI Fak:ultas Tarbiyah UIN Sunan Kalija Yogyakarta serta kendala dan faktor pendukung yang dihadapi. Haist peneiititan ini diharapkan akan dapat dipergunakan untuk menyempumakan serta memberi masUkan tentang tata cara penerapan metode pembelajaran bagi mahasiswa tunanetra. Penelitian yang dilakukan oleh penulis ini merupakan penelititan kualitatif, dengan mengambil latar Jurursan PAI Fak:ultas Tarbiyah UIN Sunan Kalijaga Y ogyakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan pengamatan, wawancara mendalam dan dokumentasi. Anatisis data dilakukan dengan mengadakan triangulasi dengan dua mudus, yaitu dengari menggunakan sumber ganda dan metode ganda, serta memberi kode pada setiap kata kunci. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Penerapan metode pembelajaran bagi mahasiswa tunanetra di Jurusan PAI masih tergolong apa adanya tanpa ada penekanan khusus dari dosen atau tenaga 'pengajar. (2) Sarana dan prasarana yang mendukung bagi pembelajaran mahasiswa tunanetra masih sangat minim sekali atau bisa dibilang belum ada sama sekali. (3) Kendala dan faktor pendukung yang dihadapi oleh dosen maupun mahasiswa tunanetra dalam penerapan metode pembelajaran di kelas yaitu: 1) Sarana dan prasarana yang belum mendukung. 2) Profesionalisme yang dimiliki oleh dosen dalam pembelajaran kelas imegrasi yang masih minim sekali. 3) Minat mahasiswa tunanetra terhadap pembelajaran yang masih tidak menentu. .Faktor pendukung yang dihaapi oleh dosen dalam penerapan metode pembelajaran bagi mahasiswa tunanetra di kelas integrasi yaitu adanya kerajinan dan semangat tinggi pada beberapa mahasiswa tunanetra dalam mengikuti pembelajaran di kelas seperti mencatat dan menyimak apa yang disampaikan oleh dosen maupun mahasiswa dalam pembelajaran. Sedangkan kendala dan fak.tor pendukung yang dihadapi oleh mahasiswa tunanetra yaitu, sarana dan prasarana yang belum memadai dan tidak mendukung, adanya pemakaian bahasa dalam penerapan metode yang verbal, terlalu cepat dalam penyampaian materi serat menggunakan suara yang sangat pelan. Faktor pendukung yang dirasakan oleh mahasiswa tunanetra yaitu adanya perhatian dari beberapa dosen di luar jam kuliah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. H. Sardjuli, M.Pd
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Edi Prasetya [edi_hoki]
Date Deposited: 01 Dec 2015 11:15
Last Modified: 01 Dec 2015 11:15
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/18472

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum