STUDI KOMPARASI PENERAPAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR IPA-BIOLOGI SISWA KELAS VII DI SMP NEGERI I TEMPURAN MAGELANG TAHUN AJARAN 2006/2007

KURNIAWATY SABIIS, 02451013 (2007) STUDI KOMPARASI PENERAPAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR IPA-BIOLOGI SISWA KELAS VII DI SMP NEGERI I TEMPURAN MAGELANG TAHUN AJARAN 2006/2007. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (STUDI KOMPARASI PENERAPAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR IPA-BIOLOGI SISWA KELAS VII DI SMP NEGERI I TEMPURAN MAGELANG TAHUN AJARAN 2006/2007)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img] Text (STUDI KOMPARASI PENERAPAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR IPA-BIOLOGI SISWA KELAS VII DI SMP NEGERI I TEMPURAN MAGELANG TAHUN AJARAN 2006/2007)
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (4MB)

Abstract

Sejauh ini pendidikan di Indonesia masil1 didominasi oleh pandangan bahwa pengetahuan merupakan seperangkat fakta-fakta yang harus dihafal. Hal ini berimplik.asi pada proses pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam khususnya Biologi cenderung bersifat textbook oriented, dan siswa kurang diberi kesempatan untuk beraktivitas.Oleh karena itu metode dan pendekatau harus memberikau kesempatan yang sebesar-besarnya kepada siswa untuk terlibat secara aktif di dalam proses belajar mengajar. Berangkat dari masalah aktivitas siswa di kelas yang belwn maksimal, maka dilakukan penelitian yang bertujuan untuk 1) mengetahui apakah ada perbedaan yang signiflka.D antara penerapan pendekatan CfL dan Active Learning terhadap aktivitas belajar IPA-Biologi siswa kelas VII di SMP Negeri 1 Tempuran Magelang, 2) meugetahui apakal1 pendekatan CTL atau Active Learnif!g yang lebih sesuai untuk diterapkan pada pembelajaran IPA-Biologi siswa kelas VII di SMP Negeri 1 Tempuran Magelang, 3) mengetahui tanggapan siswa dan guru mata pelajaran IPA-Biologi di SMP Negeri I Tempuran Magelang tentang penerapan pendekatan CTL dan Active Learning pada pembelajaran IPA-Biologi. Penelitian ini merupakan penelitian studi komparatif. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII di SMP Negeri 1 Tempuran Magelang tahun ajaran 2006/2007. Sampel penelitian ini adalah kelas VII D dan VII F. Teknik pengambilan sampel adalah Non Sampling, dimana guru dan peneliti yang menentukan kelas yang akan diteliti dengan pertimbangan tertentu. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, angket, wawaucara, dan dokumeutasi. Analisis data yang digunakau meliputi aualisis deskriptif, uji nonnalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : I) terdapat perbedaan yang signifikan antara aktivitas belajar IPA-Biologi siswa di kelas CfL dan Active Learning, dimana aktivitas siswa di kelas . Active Learning lebih baik dari pada di kelas CTL, 2) pendekatan Active Learning lebih sesuai untuk diterapkan dalam pembelajaran IPABiologi siswa kelas VII khususnya untuk materi Organisasi Kehidupan sub materi Jaringau, Organ, Sistem Organ dan Orgauisme, 3) siswa memberikan tanggapan positif terhadap penerapan peudekatan CTL dan Active Learning. Kata kunci: Pendekatan CfL,Active Learning, dan Aktivitas Siswa

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Drs. Tedjo Susanto, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Pendekatan CfL,Active Learning, dan Aktivitas Siswa
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Tadris - Biologi, B. Inggris, Kimia, Matematika, Fisika (S1)
Depositing User / Editor: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 01 Dec 2015 08:37
Last Modified: 01 Dec 2015 08:37
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/18475

Actions (login required)

View Item View Item