NUR HABIBI, NIM. 01450948 (2007) EFEKTIFITAS PENGGUNAAN MIND MAP TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI PADA KEMAMPUAN KOGNITIF C1-C3 SUB MATERI POKOK GERAK PADA TUMBUHAN SISWA KELAS VIII (Kasus pada MTs N Yogyakarta II). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.
|
Text (EFEKTIFITAS PENGGUNAAN MIND MAP TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI PADA KEMAMPUAN KOGNITIF C1-C3 SUB MATERI POKOK GERAK PADA TUMBUHAN SISWA KELAS VIII (Kasus pada MTs N Yogyakarta II))
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (9MB) | Preview |
|
Text (EFEKTIFITAS PENGGUNAAN MIND MAP TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI PADA KEMAMPUAN KOGNITIF C1-C3 SUB MATERI POKOK GERAK PADA TUMBUHAN SISWA KELAS VIII (Kasus pada MTs N Yogyakarta II))
BAB II, III, IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (6MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) membuktikan penggunaan Mind Map lebib efektif daripada metode konvensional terbadap peningkatan basil belajar Biologi pada kemampuan C 1-C3 sub materi pokok gerak pada tumbuban, (2) membuktikan ada perbedaan peningkatan basil belajar Biologi pada kemampuan kognitif C 1-C3 an tara siswa perempuan dan siswa laki-laki kelas VIII MTs N Y ogyakarta II. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (quasi experimental), dengan desain pre-test post-test control group. Populasi dalam penelitian ini adalab selurub siswa kelas VIII MTsN Y ogyakarta II. Sam pel penelitian adalah siswa pada kelas VIII B sebagai kelas eksperimen dan siswa pada kelas VIII D sebagai kelas kontrol. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Sebelum digunakan untuk mengambil data, dilakukan validitas construct terbadap instrumen. Analisis data melalui pengujian bipotesis dilakukan dengan uji-t menggunakan program paket SPSS versi 13. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) penggunaan Mind Map efektif dalam meningkatkan basil belajar Biologi pada kemampuan kognitifC1-C3 pada sub materi pokok gerak pada tumbuban. (2) Peningkatan basil belajar siswa perempuan pada kemampuan kognitif C 1-C3 lebih tinggi dibanding peningkatan basil belajar siswa laki-laki pada sub materi pokok gerak pada tumbuban. Kata kunci: efektivitas, hasil belajar Biologi, Mind Map, kemampuan kognitif
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | SUDJOKO, MS |
Uncontrolled Keywords: | efektivitas, hasil belajar Biologi, Mind Map, kemampuan kognitif |
Subjects: | Pendidikan Biologi |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Tadris - Biologi, B. Inggris, Kimia, Matematika, Fisika (S1) |
Depositing User: | Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id) |
Date Deposited: | 01 Dec 2015 15:37 |
Last Modified: | 01 Dec 2015 15:37 |
URI: | http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/18476 |
Share this knowledge with your friends :
Actions (login required)
View Item |