EFEKTIFITAS PENGGUNAAN MIND MAP TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI PADA KEMAMPUAN KOGNITIF C1-C3 SUB MATERI POKOK GERAK PADA TUMBUHAN SISWA KELAS VIII (Kasus pada MTs N Yogyakarta II)

NUR HABIBI, NIM. 01450948 (2007) EFEKTIFITAS PENGGUNAAN MIND MAP TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI PADA KEMAMPUAN KOGNITIF C1-C3 SUB MATERI POKOK GERAK PADA TUMBUHAN SISWA KELAS VIII (Kasus pada MTs N Yogyakarta II). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (EFEKTIFITAS PENGGUNAAN MIND MAP TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI PADA KEMAMPUAN KOGNITIF C1-C3 SUB MATERI POKOK GERAK PADA TUMBUHAN SISWA KELAS VIII (Kasus pada MTs N Yogyakarta II))
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (9MB) | Preview
[img] Text (EFEKTIFITAS PENGGUNAAN MIND MAP TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI PADA KEMAMPUAN KOGNITIF C1-C3 SUB MATERI POKOK GERAK PADA TUMBUHAN SISWA KELAS VIII (Kasus pada MTs N Yogyakarta II))
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (6MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) membuktikan penggunaan Mind Map lebib efektif daripada metode konvensional terbadap peningkatan basil belajar Biologi pada kemampuan C 1-C3 sub materi pokok gerak pada tumbuban, (2) membuktikan ada perbedaan peningkatan basil belajar Biologi pada kemampuan kognitif C 1-C3 an tara siswa perempuan dan siswa laki-laki kelas VIII MTs N Y ogyakarta II. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (quasi experimental), dengan desain pre-test post-test control group. Populasi dalam penelitian ini adalab selurub siswa kelas VIII MTsN Y ogyakarta II. Sam pel penelitian adalah siswa pada kelas VIII B sebagai kelas eksperimen dan siswa pada kelas VIII D sebagai kelas kontrol. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Sebelum digunakan untuk mengambil data, dilakukan validitas construct terbadap instrumen. Analisis data melalui pengujian bipotesis dilakukan dengan uji-t menggunakan program paket SPSS versi 13. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) penggunaan Mind Map efektif dalam meningkatkan basil belajar Biologi pada kemampuan kognitifC1-C3 pada sub materi pokok gerak pada tumbuban. (2) Peningkatan basil belajar siswa perempuan pada kemampuan kognitif C 1-C3 lebih tinggi dibanding peningkatan basil belajar siswa laki-laki pada sub materi pokok gerak pada tumbuban. Kata kunci: efektivitas, hasil belajar Biologi, Mind Map, kemampuan kognitif

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: SUDJOKO, MS
Uncontrolled Keywords: efektivitas, hasil belajar Biologi, Mind Map, kemampuan kognitif
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Tadris - Biologi, B. Inggris, Kimia, Matematika, Fisika (S1)
Depositing User / Editor: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 01 Dec 2015 08:37
Last Modified: 01 Dec 2015 08:37
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/18476

Actions (login required)

View Item View Item