ANALISIS BUKU AJAR BIOLOGI KELAS VII KURIKULUM BERBASIS KOMPETENSI BERDASAR RANAH PSIKOMOTOR DAN PERKEMBANGAN KOGNISI ANAK DI SMP KABUPATEN KLATEN

NURUL ISNAINI RETNO UTAMI, NIM: 01450883 (2007) ANALISIS BUKU AJAR BIOLOGI KELAS VII KURIKULUM BERBASIS KOMPETENSI BERDASAR RANAH PSIKOMOTOR DAN PERKEMBANGAN KOGNISI ANAK DI SMP KABUPATEN KLATEN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (ANALISIS BUKU AJAR BIOLOGI KELAS VII KURIKULUM BERBASIS KOMPETENSI BERDASAR RANAH PSIKOMOTOR DAN PERKEMBANGAN KOGNISI ANAK DI SMP KABUPATEN KLATEN)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (ANALISIS BUKU AJAR BIOLOGI KELAS VII KURIKULUM BERBASIS KOMPETENSI BERDASAR RANAH PSIKOMOTOR DAN PERKEMBANGAN KOGNISI ANAK DI SMP KABUPATEN KLATEN)
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui besar ranah psikomotor yang dikembangkan dalam buku ajar biologi SMP yang banyak digunakan di SMP Negeri d.i Klaten (2) mengetahui besar ranah psikomotor yang mtmcul pada masing-masing taraf keterampilan dalam buku ajar Biologi SMP yang banyak digtmakan di SMP di Klaten dan (3) mengetahui kesesuaian taraf keterampilan yang d.ikembangkan dalam buku ajar biologi SMP kelas yang banyak digunakan di SMP Negeri di Klaten dengan perkembangan kognisi anak. Pelaksanaan penelitian ini dengan analisis kualitatif pada buku sains biologi SMP untuk kelas VII. Analisis dilakukan pada semua halaman buku sains biologi yang menunjukkan pengembangan ranah psikomotor dengan menggunakan kalimatkalimat ktmci yang telah disusun. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan ranah psikomotor dalam buku ajar sains biologi untuk SMP kelas VII telah mengembangkan ranah psikomotor. Besar ranah psikomotor yang ditemukan sebesar 72).9 % untuk kemampuan berpikir formal dan sebesar 27,61 % pada kemampuan berpikir konkret. Akan tetapi pengembangannya tidak sama pada masing-masing taraf keterampilan. Paling banyak ditemukan adalah taraf keterampilan respon kompleks yaitu sebesar 40,35 % dan paling sedikit d.itemukan pada taraf keterampilan Mekanisme yaitu sebesar 2,39 %. Kesesuaian basil penelitian dengan perkembangan kognisi anak dengan patokan dari Eka Susila hasilnya kurang sesuai, karena suatu buku bisa d.ikatakan sesuai apabila persentase antara 45-55%, cukup sesuai antara 55-66% apabila nilainya lebih tinggi dari 66 % maka dikatakan tidak sesuai, dari hasil penelitian temyata persentase yang didapat adalah sebesar 72,29% maka pengembangan ranah psikomotor dalam buku ini kurang sesuai karena terlalu tinggi. Hal ini akan mengakibatkan berkurangnya pemahaman siswa terhadap konsepkonsep yang diberikan juga akan berimplikasi terbadap basil belajar yang rendah. Kata kunci : Analisis buku ajar biologi,KBK

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Drs. Subagya, M.Si
Uncontrolled Keywords: Analisis buku ajar biologi,KBK
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Tadris - Biologi, B. Inggris, Kimia, Matematika, Fisika (S1)
Depositing User / Editor: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 02 Dec 2015 01:12
Last Modified: 02 Dec 2015 01:12
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/18477

Actions (login required)

View Item View Item