PERFOMANCE BASED EVALUATION SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN KOMPETENSI SISWA DAN PENGARUHNYA TERHADAP PRESTASI BELAJAR FISIKA

MUH TAQIUDIN, NIM:00460403 (2007) PERFOMANCE BASED EVALUATION SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN KOMPETENSI SISWA DAN PENGARUHNYA TERHADAP PRESTASI BELAJAR FISIKA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PERFOMANCE BASED EVALUATION SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN KOMPETENSI SISWA DAN PENGARUHNYA TERHADAP PRESTASI BELAJAR FISIKA)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (105MB) | Preview
[img] Text (PERFOMANCE BASED EVALUATION SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN KOMPETENSI SISWA DAN PENGARUHNYA TERHADAP PRESTASI BELAJAR FISIKA)
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (43MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kinerja dan prestasi siswa dalam pembelajaran fisika dan keterikatan antara aspek-aspek kemampuan awal, penguasaan konsep, dan respon tanggapan dengan kinerja siswa dalam pokok bahasan subu siswa kelas llA di MTs Negeri Pedan lewat performance based evaluation (PBE). Penelitian ini adalah penelitian kasus, yakni penelitian yang melibatkan segala proses dan basil pembelajaran dengan metode performance based evaluation. Data penelitian terdiri dari kemampuan awal (X 1) dan penguasaan konsep (X2), respon tanggapan siswa (X3) dan dengan kinerja siswa (Y). Teknik analisa data yang digunakan adalah uji korelasi menggunakan rumus korelasi product-moment di teruskan dengan analisis jalur dengan menggunakan rumus path. Dari basil uji korelasi dihasilkan nilai korelasi ( rx1x2 = 0,50; rx1x3 = 0,33; rx2x3 = 0,32 ; rx1y = 0,44; rx2y = 0,42; rx3y = 0,56) dengan kemampuan awal (Xl) penguasaan konsep (X2), respon tanggapan (X3), dan kinerja (Y). Dari analisis ja1ur didapatkan koefisien jalur (px1x1 = 0,43; px1x3= 0,23; pX2X3 = 0,20; px1y = 0,30; px2y= 0,03 px3y= 0,29). Hasil penelitian menunjukkan bahwa studi interaktif pembelajaran fisika lewat performance based evaluation meningkatkan unjuk kerja dan prestasi belajar fisika siswa. Adanya keterikatan antara aspek-aspek kemampuan awal, penguasaan konsep, dan respon tanggapan dengan kinerja siswa pada pokok bahasan suhu lewat performance based evaluation. Jadi dipakainya pembelajaran dengan performance based evaluation dalam kegiatan pembelajaran fisika pada pokok bahasan suhu meningkatkan motivasi, aktifitas dan pengalaman siswa dalam memahami konsep dengan mengalami atau menemukan sendiri suatu kegiatan ilmiah dan percobaan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Drs. Murtono, M.Si.
Uncontrolled Keywords: Based evaluation
Subjects: Pendidikan Fisika
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Tadris - Biologi, B. Inggris, Kimia, Matematika, Fisika (S1)
Depositing User / Editor: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 02 Dec 2015 08:12
Last Modified: 02 Dec 2015 17:22
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/18478

Actions (login required)

View Item View Item