STRATEGI FEEDBACK DENGAN METODE GUIDED TEACHING SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR FISIKA DI MTSN YOGYAKARTA II

RIDA UMIYA, NIM. 02461298 (2007) STRATEGI FEEDBACK DENGAN METODE GUIDED TEACHING SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR FISIKA DI MTSN YOGYAKARTA II. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (STRATEGI FEEDBACK DENGAN METODE GUIDED TEACHING SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR FISIKA DI MTSN YOGYAKARTA II)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (10MB) | Preview
[img] Text (STRATEGI FEEDBACK DENGAN METODE GUIDED TEACHING SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR FISIKA DI MTSN YOGYAKARTA II)
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (7MB)

Abstract

Usaha untuk meningkatkan prestasi belajar fisika tidak hanya perbaikan pada metode pembetajaran saja tetapi juga dengan menerapkan strategi pembelajaran yang tepat. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan mctodc pcmbclajaran Guided Teaching dun Strntcgi ji!l!tlhack. Sctiup akhir f'enyampaian konsep guru diharapkan dan diusahakan mengadakan latihan soal. setelah latihan soal diberikan guru perlu menindaklanjuti dengan memberi feedback kepada siswa. Feedback tidak hanya menginformasikan apakah jawaban siswa betul /salah tetapi dengan menunjukan jawaban yang betul. Strategi feedback dilakukan untuk kelancaran pembelajaran fisika. Penelitian ini bertujuan mendapatkan model foedback yang terbaik pada latihan soal dalarn pembelajaran fisika sebagai upaya untuk meningkatakan prestasi belajar fisika. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VIllA di MTs N Yogyaii.arta II. Data yang diperlukan adalah pelaksanaan tindakan, angket dan penampilan subyek penelitian. lnstrumen yang digunakan untuk memonitoring dan evaluasi tindakan di kelas adalah lembar observasi tentang penampilan subyek penelitian pada kegiatan penilaian yang dibuat sendiri oleh peneliti. Setelah dilakukan tiga kali tindakan dengan melakukan beberapa revisi pada model yang disusun, maka dipeoleh model foedback yang terbaik untuk meningkatkan prestasi belajar siswa kelas VIII A semester I tahun pelajaran 2006/2007. Adapun model feedback yang terbaik adalah model feedback III yang berisikan (I) Berdasarkan fungsi infonnasi {a) KCR + Penjelas (b) KCR + Pengajaran tambahan, (2) Berdasarkan fungsi motivasi, foedback segera (immediet foedbaclc). Kenaikan prestasi foedback III tersebut terhadap foedback I dan foedback H ditunjukan dengan perbandingan persentase pre<;ta~i si!>wa paJa jeedback 1, foedback II, feedback Ill berturut-turut adalah 30,46%, 27,17%, 52,17%. Kata Kunci:feedback, Guide teaching, prestasi

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Yusman Wiyatmo, M.Si.
Uncontrolled Keywords: feedback, Guide teaching, prestasi
Subjects: Pendidikan Fisika
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Tadris - Biologi, B. Inggris, Kimia, Matematika, Fisika (S1)
Depositing User / Editor: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 02 Dec 2015 08:12
Last Modified: 02 Dec 2015 08:12
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/18481

Actions (login required)

View Item View Item